Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis Android dengan menggunakan Software Adobe Animate untuk meningkatkan pemahaman Matematis siswa

Rosiddyanti, Annisa (2023) Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis Android dengan menggunakan Software Adobe Animate untuk meningkatkan pemahaman Matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu serta memiliki fungsi memperjelas makna yang disampaikan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran meningkatkan efektivitas proses dan hasil belajar siswa. Media yang dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran serta mendukung ketersediaan perangkat yang dimiliki oleh siswa yaitu media berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan software adobe animate, (2) Kelayakan dari segi ahli materi, ahli media, dan siswa terhadap media pembelajaran berbasis android menggunakan software adobe animate ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Bakti Nusantara 666 kelas VII, guru matematika SMP Bakti Nusantara 666, ahli media, ahli materi. Objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan software adobe animate. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media pembelajaran dikembangkan melalui 5 tahap yaitu: a) Analysis; b) Design, c) Development, d) Implementation; dan e) Evaluation. (2) Media pembelajaran layak digunakan dengan kriteria sangat valid dan validitas ahli materi dengan kriteria sangat valid, hasil kepraktisan guru dengan kriteria sangat praktis dan hasil kepraktisan siswa dengan kriteria sangat praktis, serta efektivitas dilihat dari nilai N-gain pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Adobe Animate; Pemahaman Matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Annisa Rosiddyanti
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:36
Last Modified: 15 Mar 2023 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66050

Actions (login required)

View Item View Item