Penggunaan Rasch model dalam menganalisis soal evaluasi pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran matematika

Nur'Oktapiana, Fuji (2023) Penggunaan Rasch model dalam menganalisis soal evaluasi pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan, salah satu upaya peningkatannya dengan melakukan evaluasi pada butir soal dan lembar jawaban siswa. Sehingga peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk : (1) mengklasifikasi lembar soal PAT berdasarkan Taksonomi Bloom; (2) menghitung persentase pada butir soal dan jawaban benar berdasarkan Taksonomi Bloom; dan (3) menganalisis butir soal PAT berdasarkan Rasch model berbantu aplikasi Winsteps. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriftif. Data diperoleh melalui metode dokumentasi berupa 35 butir soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran matematika dan 277 lembar jawaban siswa kelas VIII SMP Al-Aqsha tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat 11 butir soal level kognitif rendah (LOTS), 16 butir soal level kognitif sedang (MOTS), dan 8 butir soal level kognitif tinggi (HOTS); (2) persentase butir soal menghasilkan 31% soal level rendah (LOTS), 46% soal level sedang (MOTS), dan 23% soal level kognitif tinggi (HOTS) dengan banyaknya persentase jawaban benar pada butir soal adalah 51,5% pada soal level kognitif rendah (LOTS), 42% siswa pada soal level kognitif sedang (MOTS), dan 35% siswa pada level kognitif tinggi (HOTS); dan (3) hasil analisis menggunakan Rasch model diperoleh 31 dari 35 soal sudah valid dengan 4 sisanya perlu dilakukan revisi, reliabilitasnya termasuk kategori cukup dengan nilai sebesar alpha 0,72, memiliki tingkat kesukaran soal yang cukup beragam, daya pembeda soal sudah baik, dan efektifitas pengecohnya telah 100% berfungsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Butir Soal PAT; Lembar Jawaban Siswa; Taksonomi Bloom; Rasch Model
Subjects: Mathematics
Analysis, Theory of Functions
Analysis, Theory of Functions > General Aspects of Analysis
Precision Instruments > Other Scientific Instrument
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuji Nur Oktapiana
Date Deposited: 16 Mar 2023 01:01
Last Modified: 16 Mar 2023 01:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66051

Actions (login required)

View Item View Item