Nur'Oktapiana, Fuji (2023) Penggunaan Rasch model dalam menganalisis soal evaluasi pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (501kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
Abstract
Kualitas pendidikan di Indonesia masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan, salah satu upaya peningkatannya dengan melakukan evaluasi pada butir soal dan lembar jawaban siswa. Sehingga peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk : (1) mengklasifikasi lembar soal PAT berdasarkan Taksonomi Bloom; (2) menghitung persentase pada butir soal dan jawaban benar berdasarkan Taksonomi Bloom; dan (3) menganalisis butir soal PAT berdasarkan Rasch model berbantu aplikasi Winsteps. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriftif. Data diperoleh melalui metode dokumentasi berupa 35 butir soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran matematika dan 277 lembar jawaban siswa kelas VIII SMP Al-Aqsha tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat 11 butir soal level kognitif rendah (LOTS), 16 butir soal level kognitif sedang (MOTS), dan 8 butir soal level kognitif tinggi (HOTS); (2) persentase butir soal menghasilkan 31% soal level rendah (LOTS), 46% soal level sedang (MOTS), dan 23% soal level kognitif tinggi (HOTS) dengan banyaknya persentase jawaban benar pada butir soal adalah 51,5% pada soal level kognitif rendah (LOTS), 42% siswa pada soal level kognitif sedang (MOTS), dan 35% siswa pada level kognitif tinggi (HOTS); dan (3) hasil analisis menggunakan Rasch model diperoleh 31 dari 35 soal sudah valid dengan 4 sisanya perlu dilakukan revisi, reliabilitasnya termasuk kategori cukup dengan nilai sebesar alpha 0,72, memiliki tingkat kesukaran soal yang cukup beragam, daya pembeda soal sudah baik, dan efektifitas pengecohnya telah 100% berfungsi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Butir Soal PAT; Lembar Jawaban Siswa; Taksonomi Bloom; Rasch Model |
Subjects: | Mathematics Analysis, Theory of Functions Analysis, Theory of Functions > General Aspects of Analysis Precision Instruments > Other Scientific Instrument |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fuji Nur Oktapiana |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 01:01 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 01:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66051 |
Actions (login required)
View Item |