Pengelolaan citra Cicalengka Dreamland melalui wisata Islam

Maulana, Mochamad Nurizal (2022) Pengelolaan citra Cicalengka Dreamland melalui wisata Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy

Abstract

Cicalengka Dreamland pada 1 Juli 2021 dinobatkan sebagai wisata islam terbesar di Indonesia dengan luas wilayah sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang defining public relations problem, planning, actuating, dan evaluating pengelolaan cira Cicalengka Dreamland melalui wisata islam. Penulis menggunakan konsep four step public relations dari Cutlip, Center, dan Broom. Konsep ini diilih karena sesuai dengan aspek- aspek yang perlu diperhatikan dalam mengelola citra melalui konsep wisata. Paradigma yang digunakan pada penelitian yakni kontruktivistik dengan pendekatan kualitatif, dan menggunakan metode deskriptif kualitatif serta analisis data dari Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan citra Cicalengkka Dreamland melalui wisata islam dilakukan dengan tahapan four step public relations yang terbagi atas: Defining public relations problem dalam mengelola citra melalui onsep wisata islam melalui observasi dan diskusi dengan beberapa pemuka agama. Planning pengelolaan citra melalui wisata islam dilakukan dengan tahapan analisis SWOT. Actuating pengelolaan citra dilakukan dengan pemberian fasilitas terbaik, optimalisasi pelayanan, sosialisasi melalui Instagra, dan kolaborasi dengan pihak eksternal. Evaluating pengelolaan citra melalui wisata islam dilakukan dalam evaluasi jangka pendek dan evaluasi jangka panjang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Cicalengka Dreamlad telah mealkukan pegelolaan citra Cicalengka Dreamland melalui wisata islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Citra; Wisata Islam; Cicalengka Dreamland;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Mochamad Nurizal Maulana
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:59
Last Modified: 15 Mar 2023 04:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66068

Actions (login required)

View Item View Item