Pengembangan E-Modul matematika interaktif dengan pendekatan kontekstual berbasis Flipbook Maker untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa

Sari, Dwi Novita (2023) Pengembangan E-Modul matematika interaktif dengan pendekatan kontekstual berbasis Flipbook Maker untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan pembelajaran pada pemahaman materi dapat diraih salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Unsur teknologi yang berkembang dalam dunia pendidikan, mendukung pengembangan dan penggunaan media digital dalam proses pembelajaran modern. Kemudahan akses penggunaan media pembelajaran digital juga mendorong pertumbuhan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berupa e-modul matematika interaktif dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar. Kelayakan tersebut diketahui berdasarkan uji validasi ahli media dan materi, uji kepraktisan guru dan siswa, serta uji efektivitas. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan proses pengembangan melalui model ADDIE yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), dan implementation (implementasi). Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Plus Ar-Rahmat. Data yang diperoleh bersumber dari validator ahli media dan materi, guru pelajaran matematika, dan siswa kelas VIII Ar-Rahmat. Hasil penelitian didapatkan e-modul matematika sangat valid dari penilaian validasi ahli dengan skor 87%, sangat praktis dari penilaian guru dengan skor kepraktisan 91% dan penilaian siswa 83%, serta memiliki efektivitas sedang dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa dengan n-gain 0,54 pada peningkatan pemahaman matematis dan 0,31 pada peningkatan kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul matematika dengan pokok materi bangun ruang sisi datar dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-modul matematika; flipbook maker; kemampuan pemahaman matematis; kemandirian belajar siswa
Subjects: Education, Research
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dwi Novita Sari
Date Deposited: 16 Mar 2023 01:21
Last Modified: 16 Mar 2023 01:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66118

Actions (login required)

View Item View Item