Standar kelayakan berita online sebagai sumber informasi pemberitaan media Radio : Studi deskriptif pada Divisi Pemberitaan Radio Republik Indonesia Bandung

Yulianda, Dewi (2023) Standar kelayakan berita online sebagai sumber informasi pemberitaan media Radio : Studi deskriptif pada Divisi Pemberitaan Radio Republik Indonesia Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai standar kelayakan berita online sebagai sumber informasi pemberitaan media dan Radio Republik Indonesia di kota Bandung. Pada pembahasan terkait mengenai bagaimana standar kelayakan suatu berita online untuk di kemas menjadi berita yang disiarkan di radio. Maka dari itu,dalam skripsi ini penulis memiliki fokus penelitian yaitu bagaimana aspek penting,faktual, aktual danmenarik dalam sebuah berita online sebagai sumber berita Radio Republik Indonesia Bandung (RRI Bandung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih rinci mengenai bagaimana standar kelayakan berita online yang diolah menjadi sumber berita bagiradio Radio Republik Indonesia daerah Bandung (RRI Bandung) sesuai dengen keempat fokus penelitian. Dalam skripsi ini menjelaskan karakteristik berita radio,kredibilitas berita radio,serta proses pengelolahan berita dalam radio yang menjadi rujukan untuk menjawab penelitian ini. Peneliti menggunakan konsep tentang standar kelayakan berita menurut ahli komunikasi Jani Yosef dan Mitchell V Charnley untuk mendukung dalam pengkajian penelitian ini, dengan alasan konsep tersebut cukup relevan dengan penelitian ini serta membantu dalam mengembangkan pembahasan dalam penelitian ini. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif sertajenis data kualitatif yang disajikan dalam bentuk data (kata) dan gambaran. Perolehan data kualitatif ini didapatkan dengan melakukan wawancara hingga dokumentasi dari Radio Republik Indonesia, Bandung. Hasil penelitian dari judul terkait bahwa standar kelayakan berita online sebagai sumber informasi pemberitan media Radio Republik Indonesia daerah Bandung (RRI Bandung) dilihat dari empat aspek yaitu aspek penting, aspek aktual,aspek kefaktualan dan aspek menarik yang dikategorikan penting dimiliki oleh media radio seperti RRI Bandung karena dengan memenuhi keempat aspek tersebut informasi yang disiarkan terbukti terpercaya sehingga berita yang disampaikan benar adanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Standar Kelayakan Berita ; Media Online ; Radio ;
Subjects: Indonesia
Journalism and Newspapers in Indonesia
Depositing User: dewi yulianda
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:38
Last Modified: 20 Mar 2023 03:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66221

Actions (login required)

View Item View Item