Analisis resepsi mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung dalam pemberitaan negatif vaksin covid-19 di media daring CNBC Indonesia.com dan Kompas.com

Mauldan, Refkyan (2023) Analisis resepsi mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung dalam pemberitaan negatif vaksin covid-19 di media daring CNBC Indonesia.com dan Kompas.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy

Abstract

Di awal – awal kemunculannya vaksin Covid-19 banyak dibicarakan orang, dan diharapkan dapat mengakhiri pandemi Covid-19 sekaligus menghentikan penyebarannya yang sudah membabi buta. Tapi informasi yang membahas terkait vaksin Covid-19 belum banyak terungkap publik, oleh karena itu khalayak merasa informasi apapun terkait vaksin cukup menarik di mata mereka, termasuk berita negatif sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana resepsi atau penerimaan khalayak dalam berita negatif vaksin Covid-19 di CNBC Indonesia.com dan Kompas.com sekaligus mengetahui faktor – faktor yang melatarbelakangi posisi resepsi tersebut. Penelitian ini menggunakan teori resepsi, dan berdasarkan teori tersebut pokok dari penelitian ini menyatakan bahwa sebuah pemberitaan dapat dinterpretasi secara berbeda oleh masing – masing informan. Penerimaan pesan tersebut dipengaruhi latar belakang budaya dan pengalaman masing – masing informan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bersifat deskriptif kualitatif, metode tersebut berusaha untuk memperoleh informasi dari suatu fenomena yang terjadi di suatu masyarakat. Fenomena tersebut terjadi dan dialami oleh subjek dari penelitian. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan cara wawancara maupun observasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berita negatif vaksin Covid-19 memang mempengaruhi khalayak namun penerimaan dan resepsi dalam berita tersebut dipengsruhi banyak faktor yaitu pemahaman yang telah dimiliki sebelumnya dan lingkungan sekitar. Pemahaman tersebut juga yang menentukan bagaimana pemahaman para informan setelah terpapar berita negatif vaksin Covid-19 di CNBC Indonesia.com dan Kompas.com.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi; Pemberitaan Negatif Vaksin Covid-19; Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Refkyan Refkyan Mauldan
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:31
Last Modified: 17 Mar 2023 07:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66235

Actions (login required)

View Item View Item