Program bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kesehatan mental: Penelitian di SMP Pasundan Rancaekek Jl. Tulip Raya No.Blok.4, Kelurahan Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung - Jawa Barat

Rohyani, Tian (2023) Program bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kesehatan mental: Penelitian di SMP Pasundan Rancaekek Jl. Tulip Raya No.Blok.4, Kelurahan Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung - Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil temuan di lapangan yang dilakukan pada program bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kesehatan mental. Dengan adanya bimbingan keagamaan diharapkan akan tercipta kesehatan mental dengan terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi jiwa serta merasakan secara positif kebahagiaan dan kemampuan dirinya. Kegiatan program bimbingan keagamaan ini ialah shalat dhuha, tilawah Al-Qur’an, membaca asmaul husna, ber’doa, dan shalat dzuhur berjamaah. Penelitian ini berlokasi di SMP Pasundan Rancaekek yang berada di Jl. Tulip Raya No. Blok 4, Kelurahan Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung – Jawa Barat. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mental siswa SMP Pasundan Rancaekek, pelaksanaan program bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kesehatan mental siswa SMP Pasundan Rancaekek, serta hasil pelaksanaan program bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kesehatan mental siswa SMP Pasundan Rancaekek. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut Anwar Sutoyo (2013:22) menjelaskan bahwa bimbingan keagamaan adalah upaya membantu individu untuk belajar memahami dan melaksanakan tuntunan Allah dan Rasul-Nya berdasarkan Al-Qur’an dan sunah Rasul dengan cara memberdayakan iman, akal, dan kemampuan yang dikaruniakan oleh Allah kepada individu itu sendiri agar selamat dan memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa penyusunan program bimbingan keagamaan telah sesuai dengan faktor-faktor pemerograman bimbingan keagamaan. Pelaksanaan program bimbingan keagamaan berjalan dengan baik, lancar, berhasil dan memberikan manfaat bagi siswa yaitu siswa sudah dapat menjalankan dan memiliki kebiasaan ibadah yang baik serta akhlak siswa yang semakin baik. Evaluasi program bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kesehatan mental di SMP Pasundan Rancaekek meskipun belum optimal namun tetap memiliki peran yang baik, terlebih bagi siswa yang memiliki permasalahan dengan kesehatan mental. Dengan mengikuti program bimbingan keagamaan menjadikan siswa mendapatkan ketenangan batin yang lebih baik, memiliki pengontrol diri yang baik, aura positif yang semakin bertambah, sudah dapat bersosialisasi dan dapat menjalankan aktivitas dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program; Bimbingan Keagamaan; Kesehatan Mental
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Diseases > Mental Disorders
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Tian Rohyani
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:10
Last Modified: 20 Mar 2023 07:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66253

Actions (login required)

View Item View Item