Penerapan pendekatan Methaporical Thinking berbantuan aplikasi KelasQ untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa

Abdillah, Iman Yazid (2023) Penerapan pendekatan Methaporical Thinking berbantuan aplikasi KelasQ untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen tentang bagaimana penerapan pendekatan Methaporical Thinking berbantuan aplikasi KelasQ sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis serta kemandirian belajar siswa. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui: Proses keterlaksanaan guru dan siswa pada saat menggunakan pendekatan Methaporical Thinking Berbantuan Aplikasi KelasQ, Melihat apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis menggunakan Pendekatan Methaporical Thinking Berbantuan Aplikasi KelasQ, dan Sikap kemandirian belajar siswa. Sampel dari penelitian ini merupakan kelas XI MIA di salah satu Madrasah Aliyah daerah Sumedang. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa test dan non test, yaitu lembar kemampuan pemahaman matematis siswa serta angket kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang diuji menggunakan Uji-t independent diperoleh hasil : (1) Persentase gambaran proses keterlaksanaan guru dan siswa memperoleh baik, (2) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pendekatan methaporical thinking berbantuan aplikasi kelasq jika dibandingkan dengan kelas konvensional, (3) Gambaran kemandirian belajar siswa setelah menggunakan pendekatan methaporical thinking berbantuan aplikasi kelasq bernilai baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Methaporical Thinking; Pemahaman Matematis; Kemandirian Belajar Siswa.
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Iman Yazid Abdillah
Date Deposited: 20 Mar 2023 04:12
Last Modified: 20 Mar 2023 04:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66291

Actions (login required)

View Item View Item