Strategi penyiaran program Chill Out Hits Unikom Radio dalam menarik minat khalayak pendengar

Nahdiyah, Nazda (2023) Strategi penyiaran program Chill Out Hits Unikom Radio dalam menarik minat khalayak pendengar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Pada awal abad ke 18 masyarakat yang ingin mendapatkan sebuah informasi atau hiburan salah satunya bisa mendengarkan radio. Zaman terus berkembang, masyarakat beralih menggunakan media lain, seperti internet. Hal tersebut dapat membuat eksitensi radio bergeser di telinga masyarakat. Karena itu peneliti mencari tahu bagaimana caranya Hits Unikom Radio dalam menarik khalayak pendengar khususnya dalam program Chill Out sehingga dapat mempertahankan eskitensinya. Tujuan penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui perencanaan program Chill Out pada Radio Hits Unikom. Kedua,untuk mengetahui pelaksanaan pogram Chill Out pada di Hits Unikom Radio. Ketiga, untuk mengetahui evaluasi program Chill Out di Hits Unikom Radio. Peneliti menggunakan konsep manajemen strategi dari Fred R David yang menjelaskan bahwa dalam strategi terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Maka peneliti mengkaitkan hasil penelitian Hits Unikom Radio dengan konsep tersebut melalui metode deskriptif dan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulannya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori New Media, dimana Teori New Media atau media baru merupakan sebuah teori yang dikembangkan oleh Pierre Levy, dalam teori ini Levy menjelaskan mengenai perkembangan media. Dalam teori ini new media, terdapat dua pandangan; pertama yaitu pandangan interaksi sosial, yang membedakan media menurut kedekatannya dengan interaksi tatap muka. Pierre Levy memandang world wide web (www) sebagai sebuah lingkungan informasi yang terbuka, fleksibel dan dinamis yang memungkinkan manusia mengembangkan orientasi pengetahuan yang baru. Peneliti menggunakan teori new media karena Hits Unikom Radio memanfaatkan new media berbasis internet untuk berinteraksi dan memperkenalkan Hits Unikom Radio sebagai media yang membahas seputar dunia penyiaran radio yang menjadi salah satu hiburan melalui gelombang frekuensi di Kota Bandung. Metode deskriptif merupakan gambaran aktual mengenai suatu kondisi atau kejadian yang menghasilkan implikasi mengenai suatu permasalahan yang ingin dipecahkan. Menurut Nashir,(2002:61) metode deskriptif merupakan suatu penelitian yang dilakukan oleh manusia mengenai suatu objek atau kondisi tertentu yang kemudian hasilnya dideskripsikan secara sistematis dan akurat sesuai dengan hasil dari fenomena yang diselidiki. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dinilai cocok untuk menggambarkan persoalan yang menjadi latar belakang penelitian. Adapun permasalahan yang akan diobservasi mengenai bagaimana strategi penyiaran Hits Unikom Radio dalam menarik minat khalayak pendengar pada program siaran “Chill Out”. Hasil penelitian ini bahwa strategi Hits Unikom Radio. Pertama, perencanaannya yaitu radio ini melakukan sebuah perencanaan dengan tujuan segmentasi anak muda dan memanfaatkan peluang serta kelebihan program untuk menarik jumlah khayalak. Kedua, pelaksanaanya yaitu radio ini membuat isi naskah program dengan informasi yang terupdate, unik, bermanfaat dan berdampak positif kepada pendengar radio seperti informasi yang ringan yang belum banyak diketahui semua orang, informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari tentunya di lengkapi dengan talkshow dan musik yang hits sebagai hiburannya serta mempunyai penyiar yang cocok dalam menarik suasana hati pendengar. Ketiga, evaluasi yaitu radio ini membandingkan hasil tahun lalu dengan tahun sekarang melihat apakah perkembangannya meningkat atau tidak, bahkan radio ini bisa dapat mengubah strateginya jika strategi awal tidak berhasil mencapai tujuannya. ENGLISH: In the early 18th century, people who wanted to get information or entertainment could listen to the radio. Times continue to develop, people switch to using other media, such as the internet. This can make the existence of radio shift in the ears of the public. Therefore, researchers find out how Hits Unikom Radio attracts listeners, especially in the Chill Out program so that itcan maintain its existence. The purpose of this research. First, to find out the planning of the Chill Out program on Hits Unikom Radio. Second, to find out the implementation of the Chill Out program on Hits Unikom Radio. Third, to determine the evaluation of the Chill Out program at Hits Unikom Radio. Researchers use the concept of strategic management from Fred R David which explains that in the strategy there are three stages, namely planning, implementation and evaluation. So the researcher relates the results of Hits Unikom Radio research to the concept through descriptive methods and qualitative approaches and collection techniques through interviews, observation and documentation. The theory used in this research is New Media Theory, where New Media Theory or new media is a theory developed by Pierre Levy, in this theory Levy explains the development of media. In this theory of new media, there are two views; the first is the view of social interaction, which distinguishes media according to its proximity to face-to-face interaction. Pierre Levy views the world wide web (www) as an open, flexible and dynamic information environment that allows humans to develop new knowledge orientations. Researchers used new media theory because Hits Unikom Radio utilizes internet-based new media to interact and introduce Hits Unikom Radio as a media that discusses the world of radio broadcasting which is one of the entertainment through frequency waves in Bandung. Descriptive method is an actual description of a condition or event that produces implications about a problem to be solved. According to Nashir, (2002: 61) descriptive method is a research conducted by humans on a particular object or condition and then the results are described systematically and accurately according to the results of the phenomenon being investigated. In this study using descriptive methods is considered suitable for describing the problems that form the background of the research. The problems that will be observed regarding how the broadcasting strategy of Hits Unikom Radio in attracting listeners' interest in the "Chill Out" broadcast program. The result of this research is that the strategy of Hits Unikom Radio. First, the planning is that this radio does a plan with the aim of segmenting young people and taking advantage of opportunities and advantages of the program to attract the number of khayalak. Second, the implementation is that this radio makes the contents of the program script with updated, unique, useful information and has a positive impact on radio listeners such as light information that not many people know, information related to daily life, of course, equipped with talk shows and music that hits as entertainment and has an announcer who is suitable in attracting listeners' moods. Third, evaluation is that this radio compares the results of last year with the current year to see whether the development has increased or not, even this radio can change its strategy if the initial strategy is not successful in achieving its goals.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Program; Hits Unikom Radio
Subjects: Communications Telemunications > Wireless Communications
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Communications Telemunications > Telephon
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: nazda nahdiyah
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:28
Last Modified: 20 Mar 2023 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66310

Actions (login required)

View Item View Item