Pengaruh multimedia terhadap tingkat pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada materi Fiqih tentang pernikahan dalam Islam perspektif Sayyid Sabiq

Aziz, Muhammad Abdul (2022) Pengaruh multimedia terhadap tingkat pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada materi Fiqih tentang pernikahan dalam Islam perspektif Sayyid Sabiq. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy

Abstract

Secara umum penelitian ini dilaksanakan berdasarkan latar belakang masalah yakni: tingginya angka perceraian pada pasangan usia muda; kedua kurangnya kepedulian kalangan muda mempelajari ilmu pernikahan dalam Islam; ketiga adalah terkait permasalahan di lingkungan masyarakat yang masih memiliki pandangan bahwa mempelajari ilmu pernikahan dianggap masih tabu bagi peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: 1) penerapan pola pemahaman Fiqih kepada peserta didik tentang pernikahan dalam Islam perspektif Sayyid Sabiq dengan menggunakan multimedia Pada Kelas XI di MA At-Tarbiyah Sukamanah; 2) pengaruh penggunaan multimedia dalam pembelajaran terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran Fiqih tentang pernikahan dalam Islam perspektif Sayyid Sabiq di MA At-Tarbiyah Sukamanah; 3) pengaruh penggunaan multimedia dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Fiqih tentang pernikahan dalam Islam perspektif Sayyid Sabiq di MA At-Tarbiyah Sukamanah; 4) perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih tentang pernikahan dalam Islam antara penggunaan multimedia dengan ceramah pada peserta didik kelas XI di MA At-Tarbiyah Sukamanah. Berdasarkan tujuan yang telah di tetapkan, maka diperoleh jawaban sebagai berikut; 1) Penerapan pola pemahaman peserta didik terhadap materi Fiqih pada pertemuan pertama pemberian soal pre-Test; Pertemuan kedua pembelajaran menggunakan multimedia dengan metode tanya jawab; pertemuan ketiga pembelajaran menggunakan multimedia dengan metode diskusi; pertemuan keempat pemberian soal posttest dan angkat kepada peserta didik; Skor angket 36.45. Angka ini ada pada rentang interval 31-40 dengan predikat sangat baik; 2) Pengaruh multimedia terhadap pemahaman dengan perolehan nilai N Gain kelas eksperimen 0.55 (interpretasi sedang) dan nilai N Gain kelas kontrol 0.29 (interpretasi rendah), maka terdapat pengaruh multimedia terhadap tingkat pemahaman peserta didik; 3) Pengaruh penggunaan multimedia terhadap hasil belajar peserta didik dengan perolehan nilai asymp.Sig (2-tiled) 0.000<0.05, maka hipostesis diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan multimedia terhadap hasil belajar peserta didik; 4) Perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan multimedia dengan yang menggunakan metode ceramah diperoleh nilai mean rank kelas eksperimen 0.463.50 > kelas ceramah yaitu 356.50. Tampilan output test statistic nilai Sig.2-tailed adalah 0.149b lebih besar (>) dari 0.05. Hasilnya Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa: “Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kelas XI A dengan kelas XI B. Peneliti merekomendasikan bahwa untuk bisa meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik adalah dengan cara mengembangkan kompetensi tenaga pendidik terhadap teknologi dan metode belajar yang efektif di MA At-Tarbiyah Sukamanah Bayongbong Garut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pngarruh; Multimedia; Pemahaman; Hasil Belajar; Syyid Sabiq
Subjects: Education > Ethical Education
Education > Psychology of Education
Education > Miscellany of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Arham Dzulkifli
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:42
Last Modified: 21 Mar 2023 02:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66390

Actions (login required)

View Item View Item