Respon siswa terhadap pembelajaran Al-Quran Hadis hubungannya dengan keterampilan membaca Al-Quran: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI MAN Bandung Barat

Halimah, Halimah (2023) Respon siswa terhadap pembelajaran Al-Quran Hadis hubungannya dengan keterampilan membaca Al-Quran: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI MAN Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pendahuluan yang memperoleh data bahwa keterampilan membaca Al-Quran siswa kelas XI MAN Bandung Barat masih bervariasi ketika mayoritas siswa merupakan muslim tapi bacaan Al-Qurannya masih bervariasi yang mana Al-Quran merupakan sumber landasan bagi semua muslim. Oleh karena hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Realitas respon siswa MAN Bandung Barat terhadap pembelajaran Al-Quran Hadis, (2) Realitas keterampilan siswa MAN Bandung Barat dalam membaca Al-Quran, dan (3) Hubungan antara respon siswa MAN Bandung Barat terhadap pembelajaran Al-Quran Hadis dengan keterampilan membaca Al-Quran. Respon siswa terhadap pembelajaran Al-Quran Hadis dapat mempengaruhi keterampilan dalam membaca Al-Quran. Pembelajaran merupakan salah satu hal penentu terhadap keberhasilan pendidikan. Faktor yang dapat mengembangkan terhadap keterampilan membaca Al-Quran salah satunya adalah pembelajaran. Sehingga karena asumsi tersebut, hipotesis terhadap penelitian ini adalah terdapat korelasi yang positif antara respon siswa terhadap pembelajaran Al-Quran hadis dengan keterampilan membaca Al-Quran. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Bandung Barat dengan sampel berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, tes, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, uji normalitas data dengan Chi Square, uji persamaan regresi, uji korelasi product moment, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Realitas respon siswa terhadap pembelajaran Al-Quran Hadis termasuk dalam kategori positif dengan nilai rata-rata 3,97 dimana angka tersebut terdapat dalam interval 3,40 – 4,19. (2) Realitas keterampilan siswa dalam membaca Al-Quran termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 83,34 dimana angka tersebut terdapat dalam interval 80 – 100. (3) Hubungan antara respon siswa terhadap pembelajaran Al-Quran Hadis dengan keterampilan siswa dalam membaca Al-Quran termasuk dalam kategori rendah dengan nilai korelasi 0,343, dimana nilai tersebut berada pada interval 0,20 – 0,39. Dengan nilai pengaruhnya sebesar 11,7% yang berarti 88,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai rhitung (0,343) > rtabel (0,334) sehingga hipotesis Alternatif diterima, yang artinya dengan taraf signifikansi 5% terdapat korelasi positif yang signifikan antara respon siswa terhadap pembelajaran Al-Quran Hadis dengan Keterampilan siswa dalam membaca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Keterampilan Membaca; Al-Quran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Halimah Halimah
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:18
Last Modified: 21 Mar 2023 06:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66402

Actions (login required)

View Item View Item