Fauzi, Giffari Nur Muhammad (2023) Fenomena Endorsement di Instagram dan perilaku konsumtif remaja : Studi kasus pada siswi MAN 1 Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan penggunaan Instagram yang makin merajalela serta Endorsement sebagai salah satu fungsi Instagram yang membuat perilaku konsumtif remaja khususnya siswi MAN 1 Kota Bekasi tidak terkontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena endorsement di Instagram dalam mendorong perilaku konsumtif siswi MAN 1 Kota Bekasi. Faktor-faktor yang menyebabkan Siswi MAN 1 Kota Bekasi lebih konsumtif. Kemudian untuk mengetahui upaya siswi dan guru dalam mengatasi perilaku konsumtif pada remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kajian pustaka dan dokumentasi terhadap Siswi MAN 1 Kota Bekasi dengan teknik penentuan informan melalui purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori masyarakat konsumsi Jean Baudrillard serta didukung oleh teori leisure class Thorstein Veblen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena Endorsement di Instagram sebagai bentuk dari simulasi atau representasi dari konsumsi yang sebenarnya. Endorsement ini menciptakan ilusi dari kebutuhan yang sebenarnya tidak ada, yang dapat mendorong perilaku konsumtif pada siswi. Faktor penyebab siswi berprilaku konsumtif adalah memiliki keinginan tampil unik, kebanggaan dalam penampilan, pandangan positif terhadap produk yang dibutuhkan, ikut-ikutan, dan menonjol bagi orang lain. Para guru mengatasi perilaku konsumtif siswi MAN 1 Kota Bekasi dengan cara membentuk sikap positif, membentuk sistem nilai baru pada remaja sekolah, mengedukasi dan membentuk kedisiplinan karakter pada remaja, dan memfokuskan perhatian pada hal-hal yang bermanfaat dan positif seperti menabung dan memiliki waktu luang yang produktif. Sedangkan para siswi mengatasi hal tersebut dengan cara memilah kembali mana yang kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan, melihat kembali dan mengatur keuangannya sebelum membeli, menghindar dari berbelanja bersama dengan teman ataupun pasangan. Dikarenakan teman atau pasangan dapat mendorong perilaku konsumtif kita menjadi tidak terkontrol, dan pembatasan belanja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Endorsement; Instagram; Perilaku Konsumtif; Siswi |
Subjects: | Sociology and Anthropology, Society Administration of Economy > Administration of Commerce Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Giffari Nur Muhammad Fauzi |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:03 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66595 |
Actions (login required)
View Item |