Fenomena Endorsement di Instagram dan perilaku konsumtif remaja : Studi kasus pada siswi MAN 1 Kota Bekasi

Fauzi, Giffari Nur Muhammad (2023) Fenomena Endorsement di Instagram dan perilaku konsumtif remaja : Studi kasus pada siswi MAN 1 Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan penggunaan Instagram yang makin merajalela serta Endorsement sebagai salah satu fungsi Instagram yang membuat perilaku konsumtif remaja khususnya siswi MAN 1 Kota Bekasi tidak terkontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena endorsement di Instagram dalam mendorong perilaku konsumtif siswi MAN 1 Kota Bekasi. Faktor-faktor yang menyebabkan Siswi MAN 1 Kota Bekasi lebih konsumtif. Kemudian untuk mengetahui upaya siswi dan guru dalam mengatasi perilaku konsumtif pada remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kajian pustaka dan dokumentasi terhadap Siswi MAN 1 Kota Bekasi dengan teknik penentuan informan melalui purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori masyarakat konsumsi Jean Baudrillard serta didukung oleh teori leisure class Thorstein Veblen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena Endorsement di Instagram sebagai bentuk dari simulasi atau representasi dari konsumsi yang sebenarnya. Endorsement ini menciptakan ilusi dari kebutuhan yang sebenarnya tidak ada, yang dapat mendorong perilaku konsumtif pada siswi. Faktor penyebab siswi berprilaku konsumtif adalah memiliki keinginan tampil unik, kebanggaan dalam penampilan, pandangan positif terhadap produk yang dibutuhkan, ikut-ikutan, dan menonjol bagi orang lain. Para guru mengatasi perilaku konsumtif siswi MAN 1 Kota Bekasi dengan cara membentuk sikap positif, membentuk sistem nilai baru pada remaja sekolah, mengedukasi dan membentuk kedisiplinan karakter pada remaja, dan memfokuskan perhatian pada hal-hal yang bermanfaat dan positif seperti menabung dan memiliki waktu luang yang produktif. Sedangkan para siswi mengatasi hal tersebut dengan cara memilah kembali mana yang kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan, melihat kembali dan mengatur keuangannya sebelum membeli, menghindar dari berbelanja bersama dengan teman ataupun pasangan. Dikarenakan teman atau pasangan dapat mendorong perilaku konsumtif kita menjadi tidak terkontrol, dan pembatasan belanja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Endorsement; Instagram; Perilaku Konsumtif; Siswi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Administration of Economy > Administration of Commerce
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Giffari Nur Muhammad Fauzi
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:03
Last Modified: 04 Apr 2023 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66595

Actions (login required)

View Item View Item