Penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi suhu dan kalor

Aprilia, Kharisa (2023) Penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meneliti (1) Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures (cups) dan model pembelajaran contextual learning (2) Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran conceptual understanding procedures (cups) dan model pembelajaran contextual learning pada materi suhu dan kalor di SMAN 1 Subang. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest group design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Subang yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 25 peserta didik sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 dengan jumlah 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan pembelajaran materi suhu dan kalor dengan penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures (cups) memperoleh nilai rata-rata sebesar 97% dengan interpretasi sangat baik. Sedangkan perlakuan dengan model pembelajaran contextual learning memperoleh nilai rata-rata 81% dengan interpretasi sangat baik. (2) Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran conceptual understanding procedures (cups) memperoleh nilai N-gain sebesar 0,72 dengan interpretasi tinggi, sedangkan setelah diterapkan model pembelajaran contextual learning memperoleh nilai N-gain sebesar 0,37 dengan interpretasi sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan t-test menunjukkan nilai t_hitung (4,88)>t_tabel (1,88), maka H1 diterima dan H0 ditolak. Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kreatif; model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs); suhu dan kalor
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: kharisa aprilia
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:57
Last Modified: 04 Apr 2023 06:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66627

Actions (login required)

View Item View Item