Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas V SDN Cimone 7 Kota Tangerang: Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Cimone 7 Kota Tangerang

Ramadhan, Mochammad Iqbal Habib (2023) Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas V SDN Cimone 7 Kota Tangerang: Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Cimone 7 Kota Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil pretest siswa kelas V di SDN Cimone 7 Kota Tangerang. Dari hasil tes mendapatkan nilai minimal yang diperoleh siswa pada kelas kontrol adalah 0 dan nilai maksimal 50. Nilai rata-rata dari tes tersebut sebesar 23,40 hasil tes menunjukkan terdapat dua puluh satu siswa berada pada kriteria jelek, dan empat siswa pada kriteria kurang. Sedangkan hasil tes mendapatkan nilai minimal yang diperoleh siswa pada kelas kontrol adalah 0 dan nilai maksimal 60. Nilai rata-rata dari tes tersebut sebesar 39,20 hasil tes menunjukkan terdapat tiga belas siswa berada pada kriteria jelek, lima siswa pada kriteria kurang, dan tujuh siswa pada kriteria cukup. Model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa adalah model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui kemampuan awal berpikir kreatif matematis siswa, gambaran proses pembelajaran siswa dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas control, kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, dan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional di SDN Cimone 7 Kota Tangerang. Metode penelitian yaitu menggunakan kuasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas VA (eksperimen) dan kelas VB (kontrol) SDN Cimone 7 Kota Tangerang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian yaitu, 1). Kemampuan awal berpikir kreatif matematis siswa di kelas ekperimen sebesar 39,20 dengan kriteria jelek, kemampuan awal berpikir kreatif matematis siswa di kelas kontrol sebesar 23,40 dengan kriteria jelek; 2) aktivitas guru dan siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran creative problem solving (cps) mengalami peningkatan; 3) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas ekperimen sebesar 73,20 dengan kriteria cukup, kemampuan awal berpikir kreatif matematis siswa di kelas kontrol sebesar 51,00 dengan kriteria kurang; 4) Kemampuan berpikir kreatif matematos siswa yang memperoleh model pembelajaran creative problem solving (cps) lebih baik dari pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran creative problem solving; kemampuan berpikir kreatif; matematika
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mochammad Iqbal Habib Ramadhan
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:06
Last Modified: 05 Apr 2023 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66702

Actions (login required)

View Item View Item