Sapdi, Rohmat Mulyana (2009) Spektrum pembangunan madrasah. Aneka Ilmu, Semarang. ISBN 9789790700819
|
Text
Spektrum Pembangunan Madrasah.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Memahami pendidikan nasional rasanya tidak lengkap apabila Lkita tidak menyertakan madrasah. Betapa tidak, lembaga pendidikan yang sering dikenal sebagai pendidikan umum berciri khas Islam ini sejak lama telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dinamika pendidikan di Indonesia meski sangat ( zeitgeist ) yang mengitarinya terus berubah ke arah yang lebih kompleks dan penuh tantangan, madrasah mampu bertahan, bahkan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Lantas, apa yang membuat madrasah dapat terus bertahan dalam konstelasi pendidikan nasional dan pengaruh global ? Untuk menjawab pertanyaan itu, buku ini setidaknya dapat membantu pembaca untuk memahami spektrum pembangunan madrasah dari berbagai aspek yang melingkupinya. Pada bagian awal buku ini diketengahkan relung sejarah, dinamika perkembangan, dan varian persoalan yang dihadapi madrasah dari waktu ke waktu. Bagian tengah menyajikan peran penting Departemen Agama dalam mendukung pembangunan madrasah melalui sejumlah program pendidikan dalam rangka meningkatkan akses dan mutu madrasah. Pada bagian akhir diketengahkan jalinan kerjasama luar negeri dan kajian tentang dampak kebijakan pendidikan Islam terhadap madrasah. Apa yang dituangkan dalam buku ini, semoga dapat membantu pembaca yang budiman untuk mengenal lebih dekat dinamika, kebijakan, tantangan, dan prospek madrasah di tanah air.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Spektrum pembangunan; madrasah; kualitas madrasah |
Subjects: | Library and Information Sciences > Education and Related Topics Islam > Islamic Religious Education Education, Research of Arts |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Depositing User: | LP2M UIN SGD BANDUNG |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:48 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 07:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66738 |
Actions (login required)
View Item |