Gaya kepemimpinan Kyai dalam mengelola Pondok Pesantren : Studi deskriptif di Pondok Pesantren modern Sabilunnawa Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis

Ihsan, Rafi Fauji (2023) Gaya kepemimpinan Kyai dalam mengelola Pondok Pesantren : Studi deskriptif di Pondok Pesantren modern Sabilunnawa Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_cover)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (8_DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini adalah sebuah analisis gaya kepemimpinan di pondok pesantren modern. Peneliti dalam skripsi mengkaji sistem kepemimpinan yang terjadi di Pondok Pesantren Modern Sabilunnawa. Fokus dalam skripsi ini adalah identifikasi terhadap jenis gaya kepemimpinan yang berlangsung di pondok pesantren tersebut dan kemudian mendeskripsikan faktor-faktor pendorong gaya kepemimpinan tersebut di setiap kegiatan Pondok Pesantren Modern Sabilunnawa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana praktik kepemimpinan terstuktur dan kolektif dalam pengelolaan Pondok Pesantren Modern Sabilunnawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu data disajikan secara sistematis berdasarkan teori analisis gaya kepemimpinan di pondok pesantren modern. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara langsung dengan pengurus, dan dokumentasi Pondok Pesantren Modern Sabilunnawa. Identifikasi data penelitian ini mendeskripsikan gaya kepemimpinan, cara pengambilan keputusan dan bentuk kebijakan program Pondok Pesantren Modern Sabilunnawa. Meninjau secara teoritis seorang pemimpin bertanggung jawab untuk memberikan solusi yang baik untuk kesejahteraan bagi orang-orang yang di pimpinnya. Quraish Shihab menjelaskan bahwa pemimpin dalam Islam merupakan kepemimpinan spiritual dan intelektual yang pada dasarnya adalah amanah, yaitu kepercayaan yang harus dijaga dan ditunaikan dengan sebaik-baiknya. Tahap pengambilan keputusan diawali dari penemuan masalah kemudian diselesaikan dengan langkah mengidentifikasi alternatif keputusan pemecahan masalah, menganalisa faktor-faktor yang ada, pembuatan alat atau sarana untuk mengevaluasi atau mengukur hasil, serta pemilihan dan penggunaan model pengambilan keputusan. Keputusan yang diambil yang berdasarkan dengan pertimbangan fakta, data, masalah, situasi dan kondisi yang di hadapi. Hasil Penelitian skripsi ini mendapatkan di pondok Pesantren Sabilunnawa menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi dengan berlandaskan kepada kepemimpinan bersama. Pengambilan keputusan dalam prosesnya di lakukan denga proses musyawarah dengan mempertimbangkan masalah, data yang ada serta pertimbangan dan masukan dari setiap pengurus dan santri. Kepemimpinan yang Pondok Pesantren Sabilunnawa bersifat kolektif kolegial. Pimpinan di Pondok mementingkan musyawarah dalam pengambilan keputusan yang hasilnya keputusan itu akan menjadi sebuah kebijakan di pondok Pesantren Sabilunnawa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan; Manajemen; Pondok Pesantren;
Subjects: General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Education, Research of Management
General Management > Elements of Personnel Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rafi Fauji Ihsan
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:57
Last Modified: 13 Apr 2023 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66905

Actions (login required)

View Item View Item