Hubungan antara metode bercakap-cakap dengan media Pop-Up Book terhadap kemampuan berbicara anak : Penelitian di kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Sukmawati, Kiki (2023) Hubungan antara metode bercakap-cakap dengan media Pop-Up Book terhadap kemampuan berbicara anak : Penelitian di kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak memiliki kualifikasi yang rendah. Hal ini dibuktikan dari respon anak ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru pada saat proses belajar mengajar sedang dilakukan, anak tidak dapat menjawab apa yang ditanyakan oleh guru bahkan anak tidak dapat menjawab pertanyaan guru secara tepat, masih malu untuk berbicara di hadapan teman-temannya serta masih kurang mampu dalam menceritakan tentang pengalamannya kepada orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) metode bercakap-cakap dengan media pop-up book di kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan Kota Bandung; (2) kemampuan berbicara anak di kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan Kota Bandung; dan (3) hubungan antara metode bercakap-cakap dengan media pop-up book terhadap kemampuan berbicara anak di kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Usia dini merupakan masa yang fundamental bagi perkembangan pribadi anak, dan salah satunya adalah perkembangan berbicara. Dengan berbicara anak dapat mengungkapkan pikiran, perasaan, maupun keinginannya secara lisan terhadap orang lain sehingga apa yang di sampaikan oleh anak dapat dipahami. Untuk memiliki komunikasi yang efektif anak harus distimulasi sejak dini, agar kemampuan berbicaranya dapat berkembang secara maksimal. Salah satu stimulasi atau metode yang dapat diterapkan pada anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan berbicaranya adalah menggunakan metode bercakap-cakap dengan menggunakan media pop-up book. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dimana datanya berupa angka-angka. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penilaian dengan teknik observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian metode bercakap-cakap dengan media pop-up book berada pada kategori sangat baik dengan nilai 80 berada pada interval 80-100 dan kemampuan berbicara anak berada pada kategori baik dengan nilai 76 berada pada interval 70-79. Terdapat pula hubungan yang signifikan antara metode bercakap-cakap dengan media pop-up book dengan kemampuan berbicara anak di kelompok B RA Al-Kautsar Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, yang memiliki hubungan kuat/tinggi pada harga korelasi 0,78 yang berada pada interval 0,600-0,799 dan berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Konstribusi yang diberikan metode bercakap-cakap dengan media pop-up book (X) terhadap kemampuan berbicara anak (Y) yaitu sebesar 38% dan 62% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode bercakap-cakap; pop-up book; kemampuan berbicara anak
Subjects: Books Notable for Illustrations and Materials
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Friends and Neighbors
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Kiki Sukmawati
Date Deposited: 04 May 2023 06:14
Last Modified: 04 May 2023 06:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66988

Actions (login required)

View Item View Item