Upaya penggunaan media Edmodo dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas v pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI

Agustina, Shofia Zahra (2023) Upaya penggunaan media Edmodo dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas v pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan temuan masalah pada proses pembelajaran di kelas V MI yaitu kurangnya pemahaman materi oleh sebagian siswa. Oleh sebab itu, beberapa siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan siswa memiliki minat yang rendah serta cenderung tidak memperhatikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa kelas V sebelum menggunakan media pembelajaran edmodo pada pelajaran akidah akhlak di MI. 2) Mendeskripsikan proses penerapan media pembelajaran edmodo pada pelajaran akidah akhlak siswa kelas V di MI pada setiap siklus. 3) Mendeskripsikan penigkatan hasil belajar kognitif siswa kelas V setelah menggunakan media pembelajaran edmodo pada pelajaran akidah akhlak di MI pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus dengan menggunakan model desain yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes uraian, lembar observasi aktivitas dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar kognitif siswa pada prasiklus masih rendah yaitu dengan skor rata-rata 63,4 (kurang) dan hanya terdapat lima siswa yang telah mencapai atau melampaui nilai KKM yaitu 75 yaitu sebesar 21,7% (sangat kurang). 2) penerapan media pembelajaran edmodo pada mata pelajaran akidah akhlak dapat terlaksana dengan baik. Pada siklus I aktivitas guru sebesar 78% dengan kriteria baik, sedangkan persentase aktivitas siswa sebesar 53% (kurang baik). Siklus II aktivitas guru sebesar 80% dengan kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas siswa sebesar 66% (cukup). Siklus III mencapai 85% dengan kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas siswa sebesar 87% (sangat baik). 3) adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada setiap siklus yaitu terjadi peningkatan dari 63,4 (kurang) pada prasiklus, meningkat pada siklus I menjadi 68,9 (cukup baik), meningkat menjadi 77 (cukup baik) pada siklus II, dan skor rata-rata pada siklus III meningkat sebesar 89,5 (baik). Maka didapat hasil yang menjelaskan bahwa dengan adanya penggunaan media pembelajaran edmodo terhadap pembelajaran kelas V efektif digunakan sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa khususnya pada mata pelajaran akidah akhlak di MI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Edmodo; Hasil Belajar Kognitif; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shofia Zahra Agustina
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:37
Last Modified: 17 Apr 2023 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66994

Actions (login required)

View Item View Item