Pengaruh penggunaan media pembelajaran Strip Story pada mata pelajaran IPS terhadap minat belajar siswa kelas V di SDIT Darul Ma’arif

Kamilatunnisa, Nyimas (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Strip Story pada mata pelajaran IPS terhadap minat belajar siswa kelas V di SDIT Darul Ma’arif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya minat belajar siswa. Terdapat beberapa permasalahan, diantaranya yaitu pada saat kegiatan belajar mengajar guru lebih sering menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Guru menjelaskan materi didepan kelas kemudian siswa diminta untuk menulis materi yangsudah disampaikan serta dilanjutkan pemberian soal-soal dari buku panduan yang digunakan. Kegiatan pembelajaran terkesanmasih berpusat pada guru dan rendahnya perhatian siswa ketika guru menjelaskan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses penggunaan media pembelajaran Strip Story pada mata pelajaran IPS terhadap minat belajar siswa, (2)untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Strip Story pada mata pelajaran IPS terhadap untuk meningkatkan minatbelajar siswa. Metode penelitian ini adalah Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan jenis Quasi experimental design (eksperimen semu). Desain penelitian ini menggunakan seluruh subjekdalam kelompok belajar (intact group) untuk diberi perlakuan(treatment), bukan menggunakan subjek yang diambil secara acak. Siswa yang dijadikan subjek penelitian adalah kelas V A (kontrol) dan kelas V B (kelas eksperimen). Intrumen penelitian menggunakan angket minat belajar. Hasil penelitian yaitu: 1) Proses penggunaan media Strip Story pada pembelajaran IPS pembelajaran dengan menggunakan media ini berjalan dengan lancar dengan menyesuaikan pada rencana perangkat pembelajaran (RPP). (2) Pengaruh penggunaan media Strip Story padamata pelajaran IPS terhadap minat belajar siswa dilihat dari hasil rata- rata angket akhir pada minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu sesudah mendapatkan pembelajaran dengan metode pembelajaran konvensional sebesar 60,20 dengan kategori sangat kurang, Dan rata-rata hasil angket akhir siswa di kelas eksperimen sesudah mendapatkan pembelajaran dengan media Strip Story sebesar 79,45 dengan kategori cukup. Dengan demikian bahwa penggunaan media Strip Story berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas V karna media Strip Story cukup menarik dan mudah dipahami setiap siswa di SDIT Darul Ma’arif Rahayu Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strip Story; Minat Belajar; IPS
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nyimas Kamilatunnisa
Date Deposited: 02 May 2023 06:05
Last Modified: 02 May 2023 06:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67175

Actions (login required)

View Item View Item