Review of the effect of gamification technology on student psychology

Setiawan, Yusuf and Malik, Adam and Agustina, Rena Denya (2020) Review of the effect of gamification technology on student psychology. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 4 (1). pp. 20-23. ISSN E-ISSN 2541-5107

[img]
Preview
Text
1. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 5_Dr. Adam Malik, M.Pd..pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://jicte.umsida.ac.id/index.php/jicte/article...

Abstract

Perkembangan teknologi akhir-akhir ini menyebabkan tren peningkatan pengguna TIK dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah gamifikasi. Gamifikasi adalah metode yang digunakan untuk menerapkan elemen-elemen game ke dalam konteks non-game. Gamifikasi dalam pendidikan sebagai persimpangan belajar dan menyenangkan. Penggunaan gamifikasi juga dapat meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa terhadap pembelajaran, akan tetapi gamifikasi juga dapat mempengaruhi psikologis siswa. kita masih kekurangan pemahaman yang komprehensif dan sistematis tentang dasar-dasar konseptual, pengetahuan tentang bagaimana gamifikasi digunakan. Penelitian ini akan meliterasi dari berbagai ilmu terapan yang berpengaruh terhadap psikologis. Secara keseluruhan, hasil menunjukkan bahwa gamifikasi telah menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pekerjaan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gamification; psikologis; pendidikan; abad 21; TIK
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dr Adam Malik
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:20
Last Modified: 28 Apr 2023 08:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67210

Actions (login required)

View Item View Item