Setiawan, Yusuf and Malik, Adam and Agustina, Rena Denya (2020) Review of the effect of gamification technology on student psychology. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 4 (1). pp. 20-23. ISSN E-ISSN 2541-5107
|
Text
1. Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 5_Dr. Adam Malik, M.Pd..pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi akhir-akhir ini menyebabkan tren peningkatan pengguna TIK dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah gamifikasi. Gamifikasi adalah metode yang digunakan untuk menerapkan elemen-elemen game ke dalam konteks non-game. Gamifikasi dalam pendidikan sebagai persimpangan belajar dan menyenangkan. Penggunaan gamifikasi juga dapat meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa terhadap pembelajaran, akan tetapi gamifikasi juga dapat mempengaruhi psikologis siswa. kita masih kekurangan pemahaman yang komprehensif dan sistematis tentang dasar-dasar konseptual, pengetahuan tentang bagaimana gamifikasi digunakan. Penelitian ini akan meliterasi dari berbagai ilmu terapan yang berpengaruh terhadap psikologis. Secara keseluruhan, hasil menunjukkan bahwa gamifikasi telah menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pekerjaan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gamification; psikologis; pendidikan; abad 21; TIK |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dr Adam Malik |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 08:20 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 08:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67210 |
Actions (login required)
View Item |