Penerapan model pembelajaran open ended berbantuan aplikasi mentimeter untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VI sekolah dasar

Rosmiati, Sely (2023) Penerapan model pembelajaran open ended berbantuan aplikasi mentimeter untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VI sekolah dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran tematik. Alternatif pembelajaran terhadap rendahnya hasil belajar kognitif siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran open ended berbantuan aplikasi mentimeter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas VI pada pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran open ended berbantuan aplikasi mentimeter dan media gambar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Sapan tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah kelas VI A, dan kelas VI B dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik mengumpulkan data yang dilakukan adalah tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan independent t-test dengan taraf signifikansi 5% dengan hipotesis terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif antara siswa yang mengikuti model pembelajaran open ended berbantuan aplikasi mentimeter dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran open ended berbantuan media gambar. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Hasil belajar kognitif sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran open ended berbantuan aplikasi mentimeter memperoleh peningkatan. Hasil belajar kognitif sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran open ended berbantuan media gambar tidak memperoleh peningkatan. Tidak terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif antara siswa yang mengikuti model pembelajaran open ended berbantuan aplikasi mentimeter dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran open ended berbantuan media gambar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran open ended; aplikasi mentimeter; media gambar
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sely Rosmiati
Date Deposited: 31 May 2023 06:58
Last Modified: 31 May 2023 06:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67616

Actions (login required)

View Item View Item