Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Net Sales (NS) Terhadap Net Income (NI) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Mustika Ratu Tbk periode 2012-2021

Ni'mah, Khairun (2023) Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Net Sales (NS) Terhadap Net Income (NI) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Mustika Ratu Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Net Working Capital pada perusahaan berfungsi memaksimalkan peng-gunaan aktiva lancar supaya mendorong laba serta penjualan yang berarti dapat meningkatkan laba bersih perusahaan. Adapun kegiatan utama perusahaan manufaktur yaitu Net Sales yang dinilai terdapat kaitan yang kuat pada peningkatan laba bersih suatu perusahaan yang bisa dilihat pada laporan laba rugi, dimana Net Income dapat dijadikan informasi dalam pertimbangan investor untuk berinvestasi pada perusahaan, karena laba bersih merupakan cerminan dari kinerja perusahaan dalam mengelola modal serta menjalankan operasional perusahaan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui besarnya pengaruh dari Net Workng Capital (NWC) secara parsial terhadap Net Income (NI), pengaruh dari Net Sales (NS) secara parsial terhadap Net Income (NI) dan pengaruh dari Net Working Capital (NWC) dan Net Sales (NS) secara simultan terhadap Net Income (NI) pada PT. Mustika Ratu Tbk Periode 2012-2021. Kerangka berpikir yang dibuat dalam penelitian ini adalah faktor terpenting yang dipertimbangkan investor sebelum berinvestasi adalah tingkat keuntungan perusahaan. Tentunya dengan semakin banyak modal kerja yang di-investasikan akan meningkatkan laba apabila modal tersebut dapat dikelola dengan baik dalam kegiatan operasional perusahaan, begitupula saat tingkat penjualan bertambah, maka keuntungan atau laba perusahaan yang diperoleh akan semakin tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan me-rupakan data sekunder time series dari laporan keuangan perusahaan yang di-terbitkan PT. Mustika Ratu Tbk pada website resmi perusahaan. Analisis data yang digunakan ialah Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Uji Asosiatif, dan Analisis Uji Hipotesis. Pengolahan dan perhitungan data dengan menggunakan SPSS For windows 25 version serta Microsoft excel 2019. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Net Workng Capital (NWC) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Income (NI) yang dibuktikan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 15,3% serta nilai t hitung > -t tabel yaitu -1,201 > -2,306; 2) Net Sales (NS) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Income (NI) yang dibuktikan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 7,1% serta nilai t hitung > -t tabel yaitu -0,780 > -2,306; 3) Net Working Capital (NWC) dan Net Sales (NS) secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Income (NI) yang dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 15,3% serta nilai f hitung < f tabel yaitu 0,632 < 4,74 pada PT. Mustika Ratu Tbk Periode 2012-2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Working Capital (NWC); Net Sales (NS); Net Income (NI)
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Khairun Ni'mah
Date Deposited: 10 May 2023 02:53
Last Modified: 10 May 2023 02:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67639

Actions (login required)

View Item View Item