Peranan terapi salat Duha dalam mengatasi gangguan kecemasan pada mahasiswa studi: Kasus pada pembelajaran tatap muka di Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2020

Assani, Dini Aulya (2023) Peranan terapi salat Duha dalam mengatasi gangguan kecemasan pada mahasiswa studi: Kasus pada pembelajaran tatap muka di Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid 19 yang berlangsung selama dua tahun menimbulkan dampak dibidang pendidikan panjangnya waktu melakukan perkuliahan daring. pada saat tatap muka berlangsung mahasiswa dituntut untuk menyesuaikan diri dari perkuliahan online ke perkuliahan tatap muka sehingga berpengaruh pada kondisi kecemasan pada mahasiswa dalam menghadapi pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari jenis kecemasan yang dirasakan mahasiswa selama melasanakan pembelajaran tatap muka serta untuk membentuk pengendaliyan diri pada saat mengalami kecemasan, dan untuk mengatasi persoalan kecemasan yang dialami mahasiswa dilakukan dengan menerapkan salah satu terapi islam yaitu terapi salat duha. Kecemasan adalah keadaan yang dirasakan ketika berfikir mengenai suatu hal yang tidak menyenangkan terjadi, dalam pandangan islam kecemasan muncul secara alami. Karena itu manusia harus kembali kepadanya Allah untuk meredakan kecemasan oleh sebab itu dalam mengendalikan kecemasan pada mahasiswa dilaukan dengan terapi salat duha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Dalam proses penelitian yang dilakukan peneliti dengan cara obervasi, wawancara, dan dokumentasi yang dijadian sebagai pendukung dari data penelitian ini. pada penelitian ini mengambil responden berjumlah 16 mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan 2020. Berdasaran hasil lapangan penelitian ini, kondisi kecemasan keempatbelas responden mengalami kecemasan tingat ringan lalu duabelas responden diantaranya mengalami kecemasan tingat sedang. terapi salat duha dengan bimbingan dan arahaan terapis, salat duha dilakukan secara rutin sehingga responden merasakan manfaat dari pelaksanaan terapi. keenambelas responden merasakan reaksi setelah melakukan terapi salat duha selama jangka waktu empatbelas hari menjadi hati lebih tenang dan dapat mengendalikan kecemasan selama proses pembelajaran tatap muka, terapi salat duha efektif dalam mengatasi gangguan kecemasan pada mahasiswa dalam pembelajaran tatap muka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan; Pembelajaran Tata Muka; Terapi Salat Duha.
Subjects: Islam > Salat
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Dini Aulya Assani
Date Deposited: 10 May 2023 06:03
Last Modified: 10 May 2023 06:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67723

Actions (login required)

View Item View Item