Analisis pelaksanaan program Masjid Ummu Thariq dalam pengembangan manajemen Masjid : Studi kasus manajemen Masjid Ummu Thariq Puri Rajeg Tangerang

Aryadiva, Rizky (2022) Analisis pelaksanaan program Masjid Ummu Thariq dalam pengembangan manajemen Masjid : Studi kasus manajemen Masjid Ummu Thariq Puri Rajeg Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK[1].pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB_II_(_revisi)[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_III[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB_IV[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Masjid merupakan pusat peradaban Islam pada masanya. Perkembangan Islam dimulai dari bangunan yang sederhana ini. Banyak hal-hal yang dihasilkan dari Masjid, berupa hal yang bersifat duniawi maupun yang bersifat ukhrawi. Dikarenakan umat Islam secara aktivitas ekonomi, maupun politiknya pada masa lalu dilakukan di Masjid. Tapi dengan seiringnya zaman, aktivitas yang bersifat duniawi di mesjid pun mulai memudar dan mesjid hanya digunakan sebagai hal yang bersifat duniawi saja. Permasalahan yang banyak terjadi pada masjid di zaman sekarang, dikarenakan dalam manajerial kurang baik. Maka, perlu adanya pemahaman mengenai manajemen masjid, guna menjadikan masjid sebagai pusat peradaban kembali. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti, mengangkat permasalahan dari segi manajemen masjid. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan pembinaan yang diterapkan dkm masjid Ummu Thariq dalam proses pelaksanaan program di masjid Ummu Thariq Perum Puri Rajeg. Pada skripsi ini, landasan pemikiran yang dituju yakni menitik beratkan fungsi manajemen kepada pengurus agar lebih aktif berperan dalam menjalankan kerja organisasi untuk bisa memanajemen masjid dengan baik dan benar. Dimana proses manajemen masjid yang dilaksanakan dapat mengembangkan sumber daya manusia menjadi lebih baik lagi dan bertanggung jawab atas apa yang sudah diamanahkan kepada pengurus. Jenis penelitian yang digunakan yakni studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diambil dari sumber data primer dan sekunder. Data primer mengenai Analisis Pelaksanaan Program Masjid Ummu Thariq dalam Pengembangan Manajemen Masjid dengan menggunakan observasi dan wawancara. Observasi ini bisa berupa langkah awal dalam memulai penelitian. Selain itu wawancara digunakan untuk mendapatkan data secara langsung. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Adapun Pengembangan yang dilakukan oleh DKM Masjid Ummu Thariq sampai sejauh ini cukup baik dalam perihal program jangka pendek. Karena dasar utama kekuatan maupun corak daripada Masjid Ummu Thariq sendiri terletak dari kajian kajian keagamaanya yang kuat dan juga Da’i yang memumpuni dibidangnya. (2) Pembinaan yang diterapkan oleh DKM Masjid Ummu Thariq Perum Puri Rajeg cukup efektif dan efesien baik dari program jangka pendek maupun program jangka panjang dikarenakan persiapan matang telah dilakukan bersama-sama antar pengurus Masjid Ummu Thariq (3) Hambatan-hambatan yang dihadapi pengurus DKM Masjid Ummu Thariq berupa program jangka panjang, masih banyak kendala yang memang harus dibenahi khususnya di internal dan eksternal kepengurusan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program; Manajemen; Masjid; Pengembangan
Subjects: Islam > Sermons and Preaching
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Kota dan Tempat Suci dalam Agama Islam
Social Interaction, Interpersonal Relations
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rizky Aryadiva
Date Deposited: 16 May 2023 03:39
Last Modified: 16 May 2023 03:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67932

Actions (login required)

View Item View Item