Implementasi metode Teileren dalam pembelajaran Hybrid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian terhadap siswa kelas VIII di SMPN 1 Cikancung Kab. Bandung

Ridwan, Cecep Muhammad (2023) Implementasi metode Teileren dalam pembelajaran Hybrid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian terhadap siswa kelas VIII di SMPN 1 Cikancung Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi pemicu munculnya pembelajaran berbasis hybrid. Akan tetapi, metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat repetitif seperti metode ceramah dan tanya jawab saja, sehingga berpengaruh kepada motivasi belajar peserta didik yang merasa jemu/bosan karena metode yang bersifat repetitif. Maka perlu adanya variasi metode agar bisa memberikan suasana baru bagi peserta didik agar lebih termotivasi untuk belajar, diantaranya menggunakan metode teileren. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan, 2) Faktor penghambat dan faktor pendukung, 3) Hasil implementasi metode teileren dalam pembelajaran hybrid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII SMPN 1 Cikancung. Penelitian ini menggunakan pure teileren method yang mempelajari suatu keterampilan dengan cara satu persatu secara khusus, metode ini merupakan konsep yang dikemukakan oleh Geoch mengenai metode teileren yang dibagi ke dalam tiga jenis yaitu, pure teileren method, progressive teileren method dan repetitive teileren method. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang dipergunakan adalah deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan agar peneliti mendapatkan informasi terkait penelitian berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan dan telah diuji keabsahannya. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket wawancara, dokumebtasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan metode teileren dalam pembelajaran hybrid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII SMPN 1 Cikancung terlaksana dengan cukup baik sesuai dengan tahapan-tahapan pelaksanaan metode teileren dalam pembelajaran hybrid. 2) Faktor penghambat implementasi metode teileren dalam pembelajaran hybrid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII SMPN 1 Cikancung diantaranya, susah dihafal/susah dimengerti, tidak adanya/terbatasnya kuota internet, ruang penyimpanan ponsel/handphone yang penuh/terbatas dan sifat malas. Faktor pendukung implementasi metode teileren dalam pembelajaran hybrid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII SMPN 1 Cikancung diantaranya, fasilitas penunjang yang memadai seperti mempunyai ponsel/handphone dan akses internet. 3) Hasil berupa nilai PTS yang berhasil melampaui Kriteria Ketuntasan Minimum. Terjalinnya hubungan antara guru dan peserta didik dan hubungan antara sesama peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode teileren; pembelajaran hybrid; pendidikan agama islam dan budi pekerti
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cecep Muhammad Ridwan
Date Deposited: 17 May 2023 01:35
Last Modified: 17 May 2023 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67990

Actions (login required)

View Item View Item