Pengaruh kegiatan bernyanyi lagu religi terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini : Penelitian kuasi eksperimen di kelompok B RA Ar-Raudhah Ujung Berung Kota Bandung

Fadilah, Siti Rany Nur (2022) Pengaruh kegiatan bernyanyi lagu religi terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini : Penelitian kuasi eksperimen di kelompok B RA Ar-Raudhah Ujung Berung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari ditemukannya permasalahan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini yang belum optimal. Hal tersebut terlihat pada perilaku anak yang kurang sopan terhadap guru dan temannya serta terdapat anak yang suka berbicara kasar. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran di Kelompok B RA Ar-Raudhah Ujung Berung Kota Bandung menggunakan metode ceramah yang mungkin menyebabkan perkembangan nilai agama dan moral belum optimal. Maka peneliti perupaya menggunakan kegiatan bernyanyi lagu religi untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini melalui kegiatan bernyanyi lagu religi (kelompok eksperimen); (2) Perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini melalui kegiatan berkisah (kelompok kontrol); (3) Perbandingan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini antara kegiatan bernyanyi lagu religi dengan kegiatan berkisah di Kelompok B RA Ar-Raudhah Ujung Berung Kota Bandung. Penelitian ini mengacu pada perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini yang diperlukan suatu kegiatan yang mudah dan menarik untuk meningkatkan perkembangan tersebut yaitu salah satunya dengan kegiatan bernyanyi lagu religi. Kegiatan bernyanyi yang menanamkan nilai agama dan moral bagi anak merupakan kegiatan yang dapat membentuk kepribadian anak menjadi anak yang berakhlak (Sabil Risaldy, 2015). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode kuasi eksperimen yang dilakukan selama lima kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 16 anak di Kelompok B RA Ar-Raudhah Ujung Berung Kota Bandung yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 8 anak kelompok eksperimen dan 8 anak kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini pada kelompok eksperimen memperoleh nilai pretest sebesar 61 yang diinterpretasikan pada kategori cukup dan memperoleh nilai posttest sebesar 84 yang diinterpretasikan pada kategori sangat baik. Sedangkan pada kelompok kontrol memperoleh nilai pretest sebesar 61 yang diinterpretasikan pada kategori cukup dan memperoleh nilai posttest sebesar 81 yang diinterpretasikan pada kategori sangat baik. Hasil uji t test pada penelitian ini diperoleh dari t hitung lebih besar daripada t tabel dengan nilai 20,625 > 2,365 pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan mengenai perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di Kelompok B RA Ar-Raudhah Ujung Berung Kota Bandung antara yang menggunakan penerapan kegiatan bernyanyi lagu religi dengan yang menggunakan penerapan kegiatan berkisah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bernyanyi; Berkisah; Anak Usia Dini
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Rany Nur Fadilah
Date Deposited: 19 May 2023 02:43
Last Modified: 19 May 2023 02:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68121

Actions (login required)

View Item View Item