Pemberdayaan pendidikan terhadap Anak yatim dan Dhuafa di perkotaan: Studi Tentang Rumah Belajar HOME Bandung.

Handayani, Wulan (2023) Pemberdayaan pendidikan terhadap Anak yatim dan Dhuafa di perkotaan: Studi Tentang Rumah Belajar HOME Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER WULAN_1 cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK WULAN_2abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI WULAN_3 daftar isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I WULAN_4 bab 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II WULAN_5 bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III WULAN_6 bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV WULAN_7 bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V WULAN_8 bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA WULAN_9 daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas terkait pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah Belajar HOME Bandung terhadap anak-anak Yatim dan Dhuafa di Perkotaan. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Rumah Belajar HOME Bandung dalam memberdayakan anak-anak Yatim dan Dhuafa di Kota Bandung dengan berbagai faktor yang ada. teori yang digunakan dalam skripsi ini yaitu teori pemberdayaan dari Jim Ife. Teori ini menjelaskan bahwa memberikan sumber daya, kesempatan, pengetahuan, dan keterampilan kepada warga untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menentukan masa depannya sendiri dan berpartisipasi dalam mempengaruhi kehidupan dari masyarakatnya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan peneliti yaitu metode analisis data narasi dan tahapan analisis data menurut Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah belajar HOME Bandung dimulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi program atau kegiatan untuk peningkatan kualitas hidup anak-anak dari keluarga miskin di Bandung; kedua, pemberdayaan yang dilakukan oleh Human Initiative melalui programnya Rumah Belajar HOME Bandung memberikan dampak atau pengaruh yang positif terhadap anak-anak dari keluarga miskin di Kota Bandung dan masyarakat miskin di Bandung, yaitu dampak ekonomi, psikologis, edukatif, intelektual, sosial dan akademik; dan ketiga, pemberdayaan yang dilakukan oleh HOME Bandung melalui beberapa kegiatan yang mereka rancang sampai kepada pelaksanaan sesuai dengan teori pemberdayaan menurut Jim Ife. Pemberdayaan HOME Bandung mengedepankan kekuatan masyarakat untuk mengatasi ketimpangan yang membuat mereka terbelakang. Dengan demikian, pemberdayaan dan dampak pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah Belajar HOME Bandung terhadap anak-anak keluarga miskin di kota Bandung mendukung dan mengonfirmasi teori Jim Ife terkait pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak-Anak; Human Initiative; yatim dan Dhuafa; Pemberdayaan Pendidikan; Rumah Belajar HOME Bandung
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wulan Suci Handayani
Date Deposited: 19 May 2023 06:58
Last Modified: 19 May 2023 06:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68142

Actions (login required)

View Item View Item