Perilaku imitasi Trend Fashion di media sosial Instagram pada mahasiswa : Penelitian di mahasiswa jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020

Khoirunnisa, Intan (2023) Perilaku imitasi Trend Fashion di media sosial Instagram pada mahasiswa : Penelitian di mahasiswa jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu trend hasil dari media sosial yang paling banyak digunakan yaitu Instagram adalah trend fashion. Instagram menyuguhkan berbagai konten-konten terkait trend fashion yang akhirnya menjadi konsumsi masyarakat yang memiliki akun media sosial Instagram. Boomingnya fenomena trend fashion di Instagram memicu mahasiswa melakukan imitasi terkait trend fashion tersebut. Hal ini dilakukan oleh mahasiswa demi mencapai tujuan-tujuan tertentu dari perilaku imitasi yang mereka lakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk perilaku imitasi yang dilakukan oleh para mahasiswa Sosiologi angkatan 2020. Selain itu, tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui latar belakang mahasiswa melakukan imitasi serta kecenderungan mereka setelah melakukan imitasi terkait trend fashion tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Teori Tindakan Sosial milik Max Weber. Dimana Teori ini menunjukkan bagaimana memahami tindakan yang diambil oleh setiap orang atau kelompok, yang masing-masing memiliki motivasi dan tujuan yang berbeda. Melalui pemahaman teori ini, kita dapat mendalami berbagai jenis perilaku yang ditunjukkan orang baik secara individu maupun kolektif, serta motivasi di balik perilaku tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti mengidentifikasi bagaimana para mahasiswa dalam melakukan perilaku imitasi trend fashion beserta latar belakangnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan kajian pustaka. Teknik pengumpulan informan pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dimana peneliti menentukan sendiri kriteria informan yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketertarikan mahasiswa terhadap fashion serta menggemari tokoh idola dalam media sosial Instagram menjadi faktor yang melatarbelakangi timbulnya perilaku imitasi trend fashion yang dilakukan oleh mahasiswa. Imitasi yang dilakukan terhadap gaya berbusana ini diantaranya dilakukan dalam bentuk pengimitasian mix and match outfit, kombinasi warna pakaian serta membeli model pakaian yang sedang trend saat ini. Mahasiswa menerapkan perilaku imitasi trend fashion ini dalam kehidupan sehari-hari serta tidak jarang menyebarkannya melalui media sosial Instagram. Kecenderungan berupa dampak positif dan negatif kerap dirasakan oleh para mahasiswa setelah melakukan imitasi trend fashion tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Imitasi; Instagram; Mahasiswa; Trend Fashion
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations
Factors Affecting Social Behaviour
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Intan Khoirunnisa
Date Deposited: 22 May 2023 04:33
Last Modified: 22 May 2023 04:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68259

Actions (login required)

View Item View Item