Pola pertukaran sosial pada pengguna aplikasi Instagram : Studi deskriptif tentang pengguna aplikasi Instagram di Babakan Ciparay, Kota Bandung

Agnia, Vina Paujiah (2023) Pola pertukaran sosial pada pengguna aplikasi Instagram : Studi deskriptif tentang pengguna aplikasi Instagram di Babakan Ciparay, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini, perkembangan arus globalisasi telah memberikan dampak yang cukup besar bagi masyarakat terutama kalangan remaja dengan kehadiran media sosial seperti Instagram. Instagram seringkali remaja gunakan untuk berinteraksi sosial dengan lebih efektif dan efisien. Adapun fitur yang menarik dalam Instagram diantaranya fitur like, comment, dan repost. Ketiga fitur tersebut memberikan banyak perubahan dalam segala aspek kehidupan remaja. Begitupun yang terjadi di lingkungan Babakan Ciparay Kota Bandung, Instagram banyak mengubah pola perilaku remaja sehingga menimbulkan berbagai problematika. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme, makna, pola pertukaran sosial, dan keterkaitan penggunaan Instagram pada remaja di wilayah Babakan Ciparay Kota Bandung dengan hubungan pertemanan mereka melalui ketiga fitur dalam Instagram yakni fitur like, comment, maupun repost. Penelitian ini menggunakan Teori Pertukaran Sosial George Hommans, yang berasumsi bahwa hubungan atau interaksi sosial yang dijalankan masyarakat satu dengan masyarakat lainnya tak akan lepas dari adanya unsur ekonomi yakni adanya untung rugi yang dikatakan dengan istilah cost dan reward. Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap individu akan selalu mempertahankan hubungan sosialnya secara sukarela apabila hubungan tersebut selalu mendapatkan keuntungan yang memuaskan, begitupun sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif kualitatif. Informan diperoleh secara purposive. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara terhadap 20 responden, observasi, dan studi dokumentasi. Kemudian, analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik interaktif yakni dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan Instagram ini cukup berdampak pada perubahan perilaku remaja di wilayah Babakan Ciparay Kota Bandung. Dampak negatif penggunaan Instagram bagi remaja lebih banyak dibandingkan dampak positifnya. Dampak negatif tersebut antara lain meluasnya penyebaran informasi yang tidak akutat, mudah insecure terhadap diri sendiri, maraknya cyber crime dan cyber bullying, dan lain-lain sebagainya. Adapun pola pertukaran sosial dalam Instagram terlihat pada pemaknaan dalam fitur like, comment, dan repost yang seringkali menjadi dasar untung rugi dalam mempertahankan hubungan dan interaksi sosial antar remaja tersebut di dunia Instagram. Serta, terdapat keterkaitan cost dan reward pada fitur like, comment, dan repost terhadap hubungan remaja yang seringkali membuat hubungan remaja menjadi renggang bahkan hingga memberi dampak pada pasifnya keorganisasian remaja di wilayah Babakan Ciparay Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Instagram; Pola Pertukaran Sosial; Remaja
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Communities
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Vina Paujiah Agnia
Date Deposited: 22 May 2023 03:27
Last Modified: 22 May 2023 03:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68262

Actions (login required)

View Item View Item