Peran bimbingan orang tua dalam upaya mengurangi kebiasaan anak bermain Game Online : Studi kasus di Desa Keresek Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut

Herman, Lusiana (2023) Peran bimbingan orang tua dalam upaya mengurangi kebiasaan anak bermain Game Online : Studi kasus di Desa Keresek Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya game online yang dimainkan oleh semua kalangan, khususnya anak-anak. Game online dapat memberikan dampak negatif bagi pemainnya, jika dalam penggunaannya dilakukan secara berlebihan. Tidak sedikit, anak sekolah dasar yang mengalami kecanduan game online, sehingga membuat mereka melupakan aktivitas lainnya yang lebih penting, seperti sekolah, ibadah, waktu istirahat, dan sebagainya.Oleh karena itu, peran bimbingan orang tua sangat penting dalam upaya mengurangi kebiasaan anak bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pengaruh game online pada anak, untuk mengetahui upaya bimbingan orang tua dalam mengurangi kebiasaan anak bermain game online, untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat orang tua dalam upaya mengurangi kebiasaan anak bermain game online, dan untuk mengetahui hasil bimbingan orang tua dalam upaya mengurangi kebiasaan anak bermain game online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsional yang dikemukakan oleh William F. Ogburn. Teori fungsional merupakan perubahan sosial yang menekankan pada kondisi kemajuan teknologi yang menyebabkan terjadi perubahan pada aspek tertentu dalam kehidupan sosial manusia. Hal ini berkaitan dengan kemunculan game online yang merupakan wujud dari adanya perubahan sosial, sehingga masyarakat harus dapat menyesuaikannya dengan baik dan dapat berdampak baik bagi kehidupannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan yang dilakukan orang tua memiliki pengaruh yang cukup besar. Dengan adanya upaya bimbingan orang tua terhadap anaknya untuk mengurangi kebiasaan bermain game online, peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat beberapa perubahan seperti, anak menjadi lebih bisa memahami dampak buruk dari game online, anak menjadi lebih tepat waktu dalam melakukan aktivitas lain seperti mengaji, sekolah, belajar, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua; Upaya Orang Tua; Game Online.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Culture and Institutions
Culture and Institutions > Parenthood
Indoor Games of Skill > Electronic Game
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lusiana Herman
Date Deposited: 31 May 2023 02:52
Last Modified: 31 May 2023 02:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68340

Actions (login required)

View Item View Item