Dampak proses pembangunan jalan Tol Cisumdawu terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat: Penelitian di Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang

Oktafiani, Aulia Dewi (2023) Dampak proses pembangunan jalan Tol Cisumdawu terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat: Penelitian di Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan jalan Tol Cisumdawu merupakan salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah, perkembangan industri pariwisata dan pertumbuhan ekonomi. Namun, pada proses pembangunan infrastruktur jalan tol Cisumdawu ini perlu melibatkan proses pengalihfungsian lahan dan pembayaran uang ganti rugi. Hal tersebut berpengaruh terhadap keadaan sosial ekonomi masyarakat di Desa Jatihurip yang dilalui oleh pembangunan jalan Tol Cisumdawu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Respon masyarakat terhadap pembangunan jalan Tol Cisumdawu di Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. 2) Mekanisme pembangunan jalan Tol Cisumdawu di Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. 3) Kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang sebelum dan sesudah adanya pembangunan jalan Tol Cisumdawu. Lokasi penelitian di Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan teori Struktural Fungsional Talcott Parsons. Parsons menjelaskan empat asas yang harus ada di dalam suatu sistem sosial agar terciptanya keseimbangan diantara komponen-komponennya, yaitu Adaptation, Goal Attainment, Integration serta Latency sebagai tumpuannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dari hasil yang diperoleh langsung berdasarkan hasil wawancara dari narasumber atau informan serta data sekunder dari hasil kajian pustaka. Teknik analisis data dibagi menjadi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang dicapai menunjukan bahwa, masyarakat mendukung adanya proses pembangunan jalan Tol Cisumdawu. Proses pembangunan jalan Tol Cisumdawu cukup berdampak pada perubahan segi sosial ekonomi kehidupan masyarakat di Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Perubahan terjadi secara sosial ekonomi dimana sebagian masyarakat mengalami peningkatan dan penurunan pendapatan yang merubah status sosial masyarakat tersebut serta adanya perubahan mata pencaharian, termasuk perubahan pada tata lingkungan di Desa Jatihurip sebagai akibat dari pembangunan jalan Tol Cisumdawu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol Cisumdawu; Pembangunan; Perubahan Sosial Ekonomi
Subjects: Causation
Ground Transportation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aulia Dewi Oktafiani
Date Deposited: 24 May 2023 03:07
Last Modified: 24 May 2023 03:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68397

Actions (login required)

View Item View Item