Pengaruh kampanye di media sosial terhadap perilaku pemilih pemula pada Pilkades 2021 : Studi kasus pemilih pemula di Desa Ciwangi Kabupaten Purwakarta

Lestari, Nadia Ginan (2023) Pengaruh kampanye di media sosial terhadap perilaku pemilih pemula pada Pilkades 2021 : Studi kasus pemilih pemula di Desa Ciwangi Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Pada pemilihan kepala desa 2021 di Kabupaten Purwakarta khususnya di Desa Ciwangi, frekuensi dan konten informasi yang diberikan melalui media sosial berbeda-beda. Informasi politik tentang pemilihan kepala desa di Kabupaten Purwakarta 2021 yang beredar melalui media sosial dipastikan dapat mempengaruhi perilaku pemilih pemula saat memutuskan keputusan akhir pemungutan suara. Informasi politik tentang calon kepala desa di pilkades 2021 yang diberikan lewat media sosial tentu memiliki peran terhadap perilaku pemilih pemula dalam menetapkan keputusan akhir memilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengaruh kampanye di media sosial terhadap perilaku pemilih pemula pada pilkades di Desa Ciwang. Dalam penelitian ini menggunakan teori kampanye Michael & Parrot rexanne, 1993 (dalam Putri & Dwipriandi, 2021) dan keda mengenai perilaku pemilih pemula Eep Saifullah Fatah dalam (Samiruddin dkk 2015). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 135 responden. Teknik yang digunakan ialah simple random sampling dengan pengukuran menggunakan skala likert. Dengan bantuan softwer SPSS versi 25.0. Dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa Kampanye berpengaruh terhadap Perilaku Pemilih Pemula. Hal ini ditunjukan dengan nilai sig dari variabel Kampanye (X) adalah sebesar 0,002. Nilai ini berada dibawah nilai 0,05(<0,05). Berdasarkan besarnya angka koefisien determinasi sebesar 0,539 atau sebesar 53,9% . Angka tersebut bahwa 53,9% Kampanye (X) yang terjadi dapat dijelaskan oleh Variabel Perilaku Pemilih Pemula (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kampanye; Perilaku Pemilih Pemula; Pemilih Kepala Desa;
Subjects: Political Process > Geographic Treatment
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Nadia Ginan Lestari
Date Deposited: 29 May 2023 04:56
Last Modified: 29 May 2023 04:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68671

Actions (login required)

View Item View Item