Hasil belajar siswa pada materi adab kepada guru hubungannya dengan akhlak siswa di Sekolah

Howiriah, Agisti (2022) Hasil belajar siswa pada materi adab kepada guru hubungannya dengan akhlak siswa di Sekolah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Memasuki abad ke-21, pesatnya teknologi sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia tidak hanya kehidupan lahiriah akan tetapi mempengaruhi pada kehidupan batiniah seperti prilaku, sudut pandang sampai kepada pola pikir dalam kehidupan. Penelitian ini di latarbelakangi berdasarkan studi pendahuluan yang di lakukan oleh peneliti diman peneliti memperoleh informasi awal bahwa hasil belajar siswa pada materi adab kepada guru terdapat hubungan yang cukup dengan ahlak siswa di sekolah Mts Pesantren Persatuan Islam 1 Bandung. Namun di sisi lain masih ada siswa yang hasil belajarnya rendah. Dari 42 siswa kelas VII dengana jumlah skor 3448 dengan rata-rata 80,18 masuk katergori baik. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan dan sekaligus menjadi permasalahan yang menarik untuk diteliti. Hasil belajar peserta didik merupakan gambaran mengenai keberhasilan pembelajaran. Hasil belajar peserta didik pada satu materi menentukan sejauh mana transfer pengetahuan dan transfer nilai yang diberikan kepada peserta didik. Sebagaimana hasil penelitian dari Rifqi Syafruddin yang menyatakan bahwa pemahaman akidah akhlak pada siswa mempunyai hubungan yang positif terhadap akhlak terpuji pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu sejauh mana pengaruh hasil belajar pada materi adab kepada guru dan orang tua terhadap akhlak siswa di sekolah. Asumsi dasarnya berangkat dari hasil belajar sebagai gambaran keberhasilan belajar siswa. Jadi hasil belajar siswa pada materi adab kepada guru merupakan bagian dari keberhasilan siswa memahami materi tersebut. Maka asumsi selanjutnya, terdapat hubungan antara hasil belajar siswa pada materi adab kepada guru dan orang tua terhadap akhlak siswa. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar, siswa yang menjadi sampel penelitian memiliki hasil belajar secara keseluruhan skor sebesar 3448. Rata-rata nilai hasil belajar siswa tersebut sekitar 80,18 dengan kategori cukup. Hasil penelitian angket akhlak siswa, menunjukkan bahwasannya siswa kelas 8 MTs Persis 1 Bandung memiliki penilaian akhlak siswa yang variatif dalam setiap indikator penilaiannya. Namun setelah dianalisis dan menggunakan rumusan penilaian rata-rata siswa kelas 8 mendapatkan penilaian akhlak sekitar 79,74% dengan kategori cukup. Setelah dilakukan analisis hubungan variabel X (hasil belajar siswa pada materi adab kepada guru dan orang tua) dengan variabel Y (akhlak siswa) kemudian diperoleh nilai koefisian relasi (rxy) sebesar 0,07. Kemudian setelah dilakukan analisis nilai koefisien terhadap perhitungan r tabel, maka didapat rentan 5% sampai 1%. Terdapat korelasi antara hasil belajar pada materi adab dengan akhlak siswa di sekolah dengan persentase sebesar 0,495.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; adab; ahlak; siswa; guru
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agisti Agisti Howiriah agis
Date Deposited: 29 May 2023 06:00
Last Modified: 29 May 2023 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68692

Actions (login required)

View Item View Item