Manajemen pembelajaran Tahfidz Qur'an dan dampaknya terhadap ketercapaian hafalan Al-Qur'an santri: Penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Akbar Bogor dan Pondok Pesantren Da'wah Mubarokah Lebak Banten

Sumarni, Nani (2023) Manajemen pembelajaran Tahfidz Qur'an dan dampaknya terhadap ketercapaian hafalan Al-Qur'an santri: Penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Akbar Bogor dan Pondok Pesantren Da'wah Mubarokah Lebak Banten. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Pondok pesantren Miftahul Jannah Akbar dan pondok pesantren Da’wah Mubarokah merupakan pondok pesantren yang menjadikan program tahfiz sebagai program unggulan. Dalam pelaksanaan program tahfiz banyak mengalami kendala sehingga diperlukan manajemen pembelajaran tahfiz yang baik agar hasil hafalan Alqur’an santri dapat tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi; 1) Perencanaan pembelajaran tahfiz Qur’an, 2) Pengorganisasian pembelajaran tahfiz Qur’an, 3) Pelaksanaan pembelajaran tahfiz Qur’an, 4) Evaluasi pembelajaran tahfiz Qur’an, 5) Faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran tahfiz Qur’an, 6) Dampak implementasi manajemen pembelajaran tahfiz Qur’an. Kerangka berpikir menggunakan sistem terbuka terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, faktor penghambat dan pendukung pembelajaran tahfiz dan dampak manajemen pembelajaran tahfiz. Paradigma penelitian dibangun menggunakan teori manajemen, pembelajaran dan hafalan AlQur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, mendisplay, verifikasi, memaparkan dan mengambil simpulan. Hasil penelitian menunjukan 1) perencanaan pembelajaran tahfiz di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Akbar dan Da’wah Mubarokah berupa program tahsin, pengelompokan halaqoh dan program tahfiz. 2) Pengorganisasian pembelajaran tahfiz di Pesantren Miftahul Jannah Akbar meliputi ketua bagian ketahfizan, koordinator tahfiz dan musyrif halaqoh, koordinator tahfiz sedangkan di Pesantren Da’wah Mubarokah meliputi mudir, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, koordinator tahfiz dan para musyrif. 3) Pelaksanaan pembelajaran tahfiz di Pesantren Miftahul Jannah Akbar dan Da’wah Mubarokah didahului dengan pelaksanaan program tahsin, pengelompokan halaqoh. Program tahfiz dilaksanakan dengan metode ziyadah, muroja’ah dan sima’an. 4) evaluasi pembelajaran tahfiz di Pesantren Miftahul Jannah Akbar dilakukan melalui tiga tahap yaitu ujian lajnah (kelipatan lima juz), evaluasi bulanan, remedial dan evaluasi semester. Sedangkan di Pesantren Da’wah Mubarokah melaksanakan evaluasi melalui evaluasi bulanan, persemester dan evaluasi tahunan. 5) Faktor pendukung pembelajaran tahfiz di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Akbar dan Pesantren Da’wah Mubarokah yaitu sumber daya manusia, sarana prasarana, metode pembelajaran dan faktor individu santri. sedangkan faktor penghambat di kedua pondok pesantren tersebut yaitu sifat pribadi santri, belum adanya standarisasi metode, pengajar yang belum mencukupi dan kurang luasnya masjid.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran; tahfidz; hapalan
Subjects: Islam
Islam > Koran
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Nani Sumarni
Date Deposited: 30 May 2023 05:23
Last Modified: 30 May 2023 05:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68747

Actions (login required)

View Item View Item