Tanggapan siswa terhadap implementasi Ice Breaking dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti hubungannya dengan kejenuhan belajar mereka di Sekolah : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung

Yusuf, Ksatria Leanugraha (2023) Tanggapan siswa terhadap implementasi Ice Breaking dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti hubungannya dengan kejenuhan belajar mereka di Sekolah : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ditemukan saat kegiatan studi pendahuluan dilakukan, dimana meskipun sebagian besar siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap implementasi ice breaking dalam pembelajaran masih ditemui beberapa siswa yang menunjukan rasa jenuh saat mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat diketahui dari segelintir siswa yang terlihat mengantuk dan kurang bersemangat ketika mengikuti kegiatan pembelajaran terutama di siang hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tanggapan siswa terhadap implementasi Ice Breaking dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung (2) Tingkat kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung di sekolah (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap implementasi Ice Breaking dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan kejenuhan belajar mereka di sekolah. Penelitian ini dilakukan berdasar pada pemikiran bahwa tingkat kejenuhan belajar pada siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah tanggapan siswa terhadap implementasi ice breaking dalam pembelajaran tersebut. Kemudian hipotesis yang diajukan: terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap implementasi ice breaking dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan kejenuhan belajar mereka di sekolah. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode korelasional. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner/angket serta studi dokumen. Lalu teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis parsial serta analisis korelasional. Penelitian yang dilakukan menunjukan hasil bahwa: (1) Tanggapan siswa terhadap implementasi Ice Breaking dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berada pada kategori sangat positif dimana skor rata-rata yang diperoleh sebesar 3,33 skor tersebut berada pada interval 3,25 – 4,00 (kategori sangat positif) (2) Tingkat kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung di sekolah berada pada kategori negatif dimana skor rata-rata yang diperoleh sebesar 2,16 skor tersebut berada pada interval 1,75 – 2,49 (kategori negatif) (3) Tanggapan siswa terhadap implementasi Ice Breaking dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan kejenuhan belajar mereka di sekolah menunjukan hubungan yang negatif dan signifikan serta berada pada kategori korelasi sangat tinggi berdasarkan hasil perhitungan: Uji korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi atau nilai r sebesar (-0,997). Pada uji hipotesis juga diperoleh nilai t hitung (5,92) lebih besar > dari t tabel (2,03) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak serta untuk besaran pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 93% sedangkan untuk 7% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Siswa; Ice Breaking; Jenuh; Belajar;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ksatria Leanugraha Yusuf
Date Deposited: 31 May 2023 03:37
Last Modified: 31 May 2023 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68806

Actions (login required)

View Item View Item