Riyanto, Faisal (2023) Peran media sosial Ridwan Kamil dalam demokrasi digital : Studi kasus pemenangan pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 menggunakan Instagram. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
COVER (2).pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (111kB) | Preview |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
||
Text
REFERENCES.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai peran dari media sosial instagram yang menjadi basis pemenangan politik Ridwan Kamil di dalam pertarungan Pemilihan Gubernur pada tahun 2018, dimana proses personal branding media sosial menjadi suatu ladang pemenangan politik menggunakan strategi kampanye politik. Penelitian ini menggunakan teori dari Adman Nursal (2004) yang membicarakan marketing politik 3P (Push Marketing, Pull Marketing, dan Pass Marketing) yang meninjau program kampanye media sosial Ridwan Kamil untuk memenangkan kontestasi politik Pemilihan Gubernur. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analisis yang mendeskripsikan peran media sosial instagram Ridwan Kamil dengan berimplikasi kepada pemenangan politik. Sumber data yang digunakan yakni primer berasal dari wawancara kepada tim pemenangan dan tim media, serta beberapa milenial, observasi melalui media sosial instagram, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Ridwan Kamil menggunakan instagram sebagai basis pengamanan suara yang menjadi ladang pemenangannya di Pemilihan Gubernur 2018 dengan mengembangkan posisi media sosial sebagai ajang penarikan suara milenial. Dan peran media sosial yang digunakan oleh Ridwan Kamil dengan menggunakan 3P (Push, Pull dan Pass)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram; Marketing Politik; Pemilihan Gubernur |
Subjects: | Political dan Government Science Political Process |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | Faisal Riyanto |
Date Deposited: | 31 May 2023 08:03 |
Last Modified: | 31 May 2023 08:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68814 |
Actions (login required)
View Item |