Efektivitas penerapan sistem absen manual terhadap disiplin pegawai non PNS bagian sekretariat pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat

Fresh Yani, Selga Zira (2023) Efektivitas penerapan sistem absen manual terhadap disiplin pegawai non PNS bagian sekretariat pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Hanya sedikit di lingkungan organisasi lembaga yang memahami bahwa budaya organisasi sangat mempengaruhi kedisiplinan, namun juga sedikit pegawai yang menyadari sepenuhnya bahwa disiplin memilik dampak yang signifikan dalam membuat organisasi bekerja lebih efisien. Tingkat ketidakhadiran dari lembaga dapat digunakan untuk mengukur kedisiplinan seorang pegawai di tempat kerja. Jika tingkat absensi meningkat maka produktivitas perusahaan akan terhambat sehingga tujuan perusahaan juga akan terhambat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas absen manual terhadap pegawai NON PNS Bagian Sekretariat di Kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis data kualitatif, menggunakan dua jenis sumber data yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan teori dari Gibson mengenai ukuran efektivitas sebagai faktor pendukung organisasi berjalan efektif. Adapun ukuran tersebut adalah kejelasan strategi pencapaian tujuan, proses analisis dan perumusan kebijakan yang mantap, penyusunan program yang tepat, dan tersedianya sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan absen manual ini sudah berjalan dengan baik, berdasarkan kejelasan strategi pencapaian tujuan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat khususnya pada bagian Sekretariat telah menentukan cara-cara yang tepat untuk melaksanakan sistem absensi manual dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal. Berdasarkan analisis dan pembuatan kebijakan penggunan absen manual sudah jelas bahwa kebijakaan telah dikembangkan dengan sangat professional. Berdasarkan penyusunan program absensi manual tampaknya telah disesuaikan dengan tuntutan dan tujuan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dan telah memberikan solusi untuk semua permasalahannya agar menghasilkan hasil yang positif. Dan dilihat dari sarana dan prasarana yang tersedia Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat telah mendukung dan mendorong adanya fasilitas baik di lingkungan kerja maupun diluar lingkungan guna memperlancar alur kerja, mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan output barang dan jasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Disiplin kerja; Efektivitas; Absen Manual; pegawai
Subjects: Relationship of Libraries
Constitutional and Administrative Law
Public Administration
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Selga Zira Fresh Yani
Date Deposited: 31 May 2023 08:45
Last Modified: 31 May 2023 08:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68831

Actions (login required)

View Item View Item