Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) berdasarkan teori pemahaman Skemp

Rahmah, Siti Shaumi Auliya (2023) Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) berdasarkan teori pemahaman Skemp. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (876kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan teori pemahaman Skemp pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Bandung, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa, dan persentase pengaruh kesulitan siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes dan angket. Subjek penelititan kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Bandung. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain data dari tes soal HOTS dan angket. Soal pada tes dikorelasikan dengan indikator soal HOTS dan indikator pemahaman menurut Skemp. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal HOTS untuk siswa yang memiliki nilai tertinggi dalam proses evaluasi dan tergolong kepada pemahaman relasional. Sementara untuk siswa yang memiliki nilai terendah memiliki kesulitan dalam proses analisis, evaluasi, dan mencipta tergolong kepada pemahaman instrumentral. Faktor tertinggi penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS adalah faktor motivasi dengan persentase sebesar 76,7% dengan kualifikasi kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Siswa; HOTS; Teori Pemahaman Skemp
Subjects: Education, Research
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Shaumi Auliya Rahmah
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:09
Last Modified: 06 Jun 2023 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68906

Actions (login required)

View Item View Item