Play Therapy dalam pendekatan konseling Islam untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini : penelitian di TK Persis Tarogong Garut

Hilmani, Nadia Fadilatunnisa (2023) Play Therapy dalam pendekatan konseling Islam untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini : penelitian di TK Persis Tarogong Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
9_Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya anak yang teridentifikasi mengalami masalah dalam sosial emosional nya. Peneliti menemukan masalah yang terjadi pada anak tersebut sering banyak diam saat di kelas, susah berbaur dengan teman-teman nya, dan mudah putus asa. Dalam rangka memberikan bantuan untuk mengatasi permasalahan sosial emosional pada anak tersebut peneliti menggunakan teknik play therapy dalam pendekatan konseling Islam untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk kondisi perkembangan sosial emosional anak usia dini, proses pelaksanaan play therapy dalam pendekatan konseling Islam, dan hasil dari proses play therapy dalam pendekatan konseling islam untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Persis Tarogong Garut. Penelitian ini didasari oleh konsep pemikiran bahwa play therapy dalam pendekatan konseling Islam ini mampu membantu dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai strategi pengumpulan data. Berdasarkan hasil dari play therapy dalam pendekatan konseling islam untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Persis Tarogong Garut dapat dikatakan cukup berhasil, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan pada perilaku konseli yang mencerminkan sikap bersosial yang baik yaitu bisa berbaur dengan teman sebaya nya dan bersikap positif pada orang lain, dan emosi yang stabil seperti dapat mengontrol diri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Play Therapy; Konseling Islam; Anak Usia Dini; Sosial Emosional
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Character Development
Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nadia Fadilatunnisa Hilmani
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:31
Last Modified: 06 Jun 2023 07:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68946

Actions (login required)

View Item View Item