Foto jurnalistik Vice Indonesia : Analisis semiotika Roland Barthes foto cerita gladiator kaki empat: Mengintip arena duel terlarang anjing versus babi hutan di Jabar

Maulana, Acep (2023) Foto jurnalistik Vice Indonesia : Analisis semiotika Roland Barthes foto cerita gladiator kaki empat: Mengintip arena duel terlarang anjing versus babi hutan di Jabar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy

Abstract

Media daring (online) mempunyai fungsi sebagai pemberi informasi kepada khalayak, informasi bisa berupa tulisan dan juga foto yang termuat. Zaman semakin berkembang begitu pula media massa terkait foto jurnalistik juga saat ini telah berkembang menjadi foto cerita. Foto cerita adalah sebuah jenis fotografi yang Bercerita secara visual yang disampaikan melalui foto yang saat ini digunankan sebagai media bertutur yang baik. Akan tetapi, tak jarang foto hanya dilihat begitu saja sehingga menimbulkan penyimpangan pemahaman isi pesan media pada pembaca yang dilatarbelakangi oleh pembaca kurang mampu menyaring pesan. Penelitian ini bertujuan untuk membuka pesan-pesan yang tak tersampaikan fotografer dengan cara memahami makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terdapat pada foto cerita Gladiator Kaki Empat: Mengintip Arena Duel Terlarang Anjing Versus Babi Hutan di Jabar karya Bukbisj Candra Ismeth Bey. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika konsep Roland Barthes yang terdiri atas tiga tahapan pemaknaan yaitu denotasi, konotasi, dan mitos kemudian mendekripsikan hasil analisisnya secara sistematis sesuai fakta dan data yang telah didapat. Hasil penelitian ini merupakan keseluruhan foto yang ada pada Media Daring Vice.com menunjukkan bahwa foto cerita Gladiator Kaki Empat: Mengintip Arena Duel Terlarang Anjing Versus Babi Hutan di Jabar memiliki makna denotasi, konotasi, dan mitos. Secara denotasi, fotografer ingin menggambarkan tradisi adu bagong yang menjadi peran utamanya anjing dan babi bagai gladiator bertarung hingga tidak ada lagi hak hewan sebagaimana seharusnya. Kemudian dapat dikonotasikan bahwa, fotografer ingin menunjukan bagaimana memotret tradisi adu bagong dengan sembunyi-sembunyi karena tidak mau terekspos media sehingga tiga foto memiliki efek hitam pada sekeliling frame foto. Makna konotasi juga dapat dilihat dari proses produksi sebuah gambar atau foto melalui enam aspek yang dapat memicu keterbacaan makna tersebut yaitu trick effect, pose, objek, photogenia, aestheticism dan sintaksis. Sedangkan untuk mitos, hanya terdapat lima foto dari 7 rangkaian foto cerita tersebut yang dapat dimaknainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Foto Cerita; Semiotika; Media Daring; Vice Indonesia
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Specific Fields of Photography > Photographic Projection
Photographs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: acep maulana
Date Deposited: 09 Jun 2023 00:22
Last Modified: 09 Jun 2023 00:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69023

Actions (login required)

View Item View Item