Retorika tabligh KH. Mustofa Bisri di YouTube Gus Mus Channel: Analisis isi pesan kualitatif

Pratama, Lutfi Dzaki (2022) Retorika tabligh KH. Mustofa Bisri di YouTube Gus Mus Channel: Analisis isi pesan kualitatif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Retorika adalah ilmu yang mempelajari. seni berbicara, menggunakan tata. bahasa yang. baik, fasih, dan benar untuk .mempengaruhi khalayak dan mempengaruhi sikap seseorang. Kegiatan tabligh dilakukan. atas dasar pola kecenderungan masalah yang berkembang pada masyarakat. secara umum dalam segi kehidupan yang berdampak pada arah perkembangan sistem. dan sejarah .kehidupan jama’ah. Retorika dalam Tabligh sangat penting dikuasai oleh seorang muballigh, tak terkecuali di era media sosial seperti sekarang. Salah satu tokoh yang. melakukan kegiatan tabligh di media sosial YouTube. adalah KH. Mustofa Bisri. Dalam beretorika, KH. Mustofa Bisri menerapkan tiga konsep. penting, yaitu Ethosi (Kredibilitas), Pathosi (Emosi), dan Logosi (Logis). Tujuan dari penelitian ini adalah. untuk mengetahui, dan menganalisis tiga konsep retorika yaitu Ethos, Pathos, dan Logos dalam. Retorika Tabligh KH. Mustofa Bisri di YouTube Gus Mus Channel Penelitian ini menggunakan teori retorika yang diungkapakan oleh Aristoteles dengan asumsi bahwa retorikai merupakan seni dalam mempengaruhii orang lain, dengan menggunakan prinsip Ethosi (Kredibilitas), Pathosi (Emosi), dan Logosi (Logis). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatifi dengan pendekatan deskriptifi. Kemudian, teknik pengumpulan datai yang diperoleh peneliti menggunakan studi observasii dan studi dokumentasi idengan menganalisis sepuluh video di YouTube Gus Mus Channel. Setelah itui data-data dianalisis dan dideskripsikan sesuaii dengan iteori-teori yang ada. Hasil dari penelitian inii diperoleh bahwa Retorika Tabligh KH. Mustofa Bisri di YouTube Gus Mus Channel iditinjau dari tiga prinsip retorika, yaitu: iEthos, dari kesepuluh video disimpulkan KH. Mustofa Bisri memiliki kompetensi yang baik dalam keilmuan keagamaan. jHal inij jbisa dilihatj jdari latarj jbelakang jpendidikannya serta isi dalam ceramahnya yang selalu menggunakan dalil-dalil. Beliau juga memiliki karakter moral yang baik, dengan pembawaannya yang santai, materinya yang singkat ini pun sangat mudah dipahami. Pathos, dari kesepuluh video disimpulkan cara penyampaian KH. Mustofa Bisri yang lembut, halus, namun lugas dinilai bisa memengaruhi emosi pendengarnya. Hal ini dibuktikan dengan beberpa tanggapan terima kasih serta komentar yang menunjukan pemahaman yang mereka dapat. Dan Logos,i dari ikesepuluh ivideo disimpulkan KH. Mustofa Bisri dengan sangat piawai menyesuaikan kebutuhan khalayak luas. Karena konten ini di unggah di media sosial, sehingga pemilihan materi yang logis dan masuk akal dinilai sangat tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika; Tabligh; Gus Mus; YouTube
Subjects: Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lutfi Dzaki Pratama
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:28
Last Modified: 07 Jun 2023 03:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69036

Actions (login required)

View Item View Item