Perbandingan literasi digital dan metode ceramah terhadap Critical Thinking dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian quasi eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 2 Margaasih Bandung

Ainun Nuzul, Dinda Amanda (2023) Perbandingan literasi digital dan metode ceramah terhadap Critical Thinking dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian quasi eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 2 Margaasih Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Kemendikbud (2017) menyebutkan bahwa literasi akan menciptakan pola pikir kritis kreatif. Keberhasilan membangun Literasi Digital merupakan indikator pencapaian dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Oleh karena itu diperlukanlah strategi Literasi Digital dalam pembelajaran untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa,sehingga kemampuan critical thinking dan hasil belajar siswa dapat lebih berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dari Literasi Digital dan Metode Ceramah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Literasi Digital dan metode ceramah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas,mengetahui perbedaan critical thinking siswa dengan menggunakan Literasi Digital dan metode ceramah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 2 Margaasih mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan Literasi Digital serta peningkatan hasil belajar dan critical thinking siswa setelah menggunakan Literasi Digital dan metode ceramah di Kelas VIII SMP Negeri 2 Margaasih Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi eksperimen dengan jenis kuasi eksperimen bentuk nonequivalent pre-test and post-test control group design. Populasi penelitian merupakan siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Margaasih terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi, angket sebanyak 20 butir, 5 dan 10 essai test data dianalisis dengan menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan Literasi Digital dan Metode Ceramah terhadap critical thinking dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII SMP Negeri 2 Margaasih kelas eksperimen VIII B menggunakan tahapan yang sudah sesuai dengan pedoman RPP yang dibuat oleh guru SMP Negeri 2 Margaasih dan sesuai dengan sintak berjalannya tahapan pembelajaran yang dibawakan guru pada saat pembelajaran berlangsung. Kemampuan Critical Thinking siswa dengan pengaruh Literasi Digital berada pada kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 58,40 dan post-test 83,89 mengalami peningkatan sebesar 25,49%. Kemudian dengan metode ceramah berada pada kriteria baik dengan nilai rata-rata pre-test 59,95 dan post-test 80,72 yang mengalami peningkatan sebesar 20,77%. Adapun hasil belajar siswa dengan pengaruh Literasi Digital berada pada kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata pre-test 59,15 dan post-test sebesar 82,60 yang mengalami peningkatan sebesar 23,45%. Sedangkan dengan metode ceramah berada pada kriteria baik dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 57,78 dan post-test 76,05 yang mengalami peningkatan sebesar 18,27%. Hal ini memberikan pernyataan bahwa Literasi Digital memiliki pengaruh lebih besar dibanding Metode Ceramah untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII SMP Negeri 2 Margaasih Bandung. Hal ini menunjukkan bahwa Literasi Digital lebih tepat diterapkan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dibanding penerapan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital; Metode Ceramah; Critical Thinking: Hasil Belajar
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
Education > Research and Statistical Methods
Education and Research of Literatures
Education and Research of History
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Amanda Ainun Nuzul
Date Deposited: 09 Jun 2023 09:16
Last Modified: 09 Jun 2023 09:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69158

Actions (login required)

View Item View Item