Dampak sosial penerapan sistem zonasi pada Peserta Didik Baru: Penelitian tentang sistem zonasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pandeglang Banten

Putri, Nindi Rachmawati (2023) Dampak sosial penerapan sistem zonasi pada Peserta Didik Baru: Penelitian tentang sistem zonasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pandeglang Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu permasalahan yang cukup kompleks dikalangan masyarakat. Isu utama yang berkaitan dengan permasalahan pendidikan yaitu berkaitan dengan pemerataan pendidikan yang belum tercapai. Oleh karena itu, salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi pemerataan pendidikan adalah dengan diberlakukannya penerapan sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penerapan sistem zonasi yang ada di SMAN 11 Pandeglang, serta mengetahui bagaimana dampak dari adanya penerapan sistem zonasi tersebut pada peserta didik baru jenjang Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 11 Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan memperoleh data berdasarkan dari hasil observasi ,dan wawancara mendalam dengan instansi terkait dan para orang tua serta siswa dan calon siswa SMAN 11 Pandeglang, penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan teori strukturasi yang di gagas oleh Anthony Giddens yang menjelaskan mengenai dualitas antara struktur dan agen yang bersifat dialektik, yakni saling mempengaruhi satu sama lain, agen dan struktur tidak dapat dipahami secara terpisah, segala tindakan yang dilakukan aktor dipengaruhi oleh struktur yang ada. Maka setiap perubahan yang terjadi akibat tindakan yang dilakukan oleh peserta didik, disebabkan oleh adanya aturan sistem zonasi. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa dalam penerapan sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru sudah berjalan cukup baik dalam pengimplementasiannya. Namun, terdapat dampak negatif dan positif. Dampak yang ditimbulkan oleh adanya sistem zonasi ini sangat dirasakan peserta didik sehingga banyak menuai pro dan kontra ditengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dampak; Sistem Zonasi; Peserta Didik
Subjects: Education > Sociology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nindi Rachmawati Putri
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:34
Last Modified: 14 Jun 2023 01:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69231

Actions (login required)

View Item View Item