Syah, Halwa Fudhilaallah Mahmudah (2023) Penerapan model pembelajaran Reflektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Concept siswa : Penelitian quasi eksperimen di SMAN 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan untuk memahami materi pembelajaran, selain itu dibutuhkan konsep diri yang baik untuk mendapatkan kemampuan komunikasi matematis yang baik. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran reflektif. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen tentang bagaimana menerapkan model pembelajaran reflektif sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan afektif berupa kemampuan komunikasi matematis dan self concept siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional dan reflektif, lalu menentukan peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik antara keduanya, juga untuk mengetahui kategori kemampuan self concept siswa setelah memperoleh model pembelajaran reflektif. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA di Kota Bandung. Instrumen yang digunakan berupa instrumen test dan non test,. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh hasil: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran reflektif berkategori tinggi, (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional berkategori sedang, (3) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran reflektif lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (4) Kemampuan self concept siswa setelah memperoleh model pembelajaran reflektif dikategorikan kuat dilihat dari analisis data angket self concept siswa. Harapan dari penelitian ini untuk menjadi salah satu rujukan model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Reflektif; Kemampuan Komunikasi Matematis; Self Concept; |
Subjects: | Education > Miscellany of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Applied mathematics > Statistical Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Halwa Fudhilaallah Mahmudah Syah |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:38 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69334 |
Actions (login required)
View Item |