Penerapan model pembelajaran REACT berbasis Simulasi PhET untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi elastisitas bahan

Diningsih, Intan Julianti (2023) Penerapan model pembelajaran REACT berbasis Simulasi PhET untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi elastisitas bahan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model REACT berbasis simulasi PhET dan model CORE pada materi elastisitas bahan. Metode yang digunakan yaitu true experiment, dengan desain pretest-posttest control group. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Subang. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 6 dan XI MIPA 5. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kerja peserta didik berbasis AABTLT with SAS dan soal tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan perhitungan lembar kerja peserta didik berbasis AABTLT with SAS, N-gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen 1 memperoleh rata-rata 77,6% berkategori efektif, sedangkan keterlaksanaan kelas eksperimen 2 memperoleh rata-rata 72,1% berkategori efektif. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen 1 memiliki nilai N-gain 0,64 berkategori sedang dan kelas eksperimen 2 0,15 berkategori rendah. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya < 0,05 maka H_o ditolak H_a diterima artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran REACT berbasis simulasi PhET dan kelas yang menggunakan model pembelajaran CORE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran REACT; simulasi PhET; pembelajaran CORE; keterampilan berpikir kreatif; elastisitas bahan;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Intan Julianti Diningsih
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:19
Last Modified: 15 Jun 2023 06:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69356

Actions (login required)

View Item View Item