Penerapan pendekatan saintifik pada materi molaritas berbantuan simulasi PhET untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa

Nuraeni, Laras (2023) Penerapan pendekatan saintifik pada materi molaritas berbantuan simulasi PhET untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas siswa pada setiap tahapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbantuan simulasi PhET, menganalisis kemampuan penyelesainan LK berbantuan simulasi PhET, menganalisis perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya simulasi PhET. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one shot case study. Subjek penelitian ini siswa kelas X MIPA MAN 2 Sumedang dengan jumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, LK dan perangkat tes. Data yang diperoleh dari hasil observasi, LK dan soal tes. Hasil peneleitian menunjukkan aktivitas siswa keseluruhan mencapai 83,86% dengan interpretasi baik. Hasil penerapan LK mencapai 90,45 dengan interpretasi sangat baik, dan hasil soal tes kemampuan berpikir kritis memiliki interpretasi sangat baik. Dengan demikian penerapan pendekatan saintifik berbantuan simulasi PhET pada materi molaritas baik dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil tes sebesar 88,86 yang termasuk dalam kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Materi Molaritas, Simulasi PhET, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Laras Nuraeni
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:10
Last Modified: 20 Jun 2023 01:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/69549

Actions (login required)

View Item View Item