Hubungan antara komitmen dan kepuasan kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se- Kab Bandung

Permana, Moch Andi (2023) Hubungan antara komitmen dan kepuasan kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se- Kab Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisii.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah memiliki hubungan yang erat dengan komitmen para tenaga pendidik dan kependidikanya, sekolah yang baik adalah sekolah yang memiliki komitmen kerja yang kuat dari para tenaga pendidik dan kependidikan. Permasalahan seputar komitmen kerja saat ini berkaitan dengan beberapa indikator diantaranya kedisiplinan, kehadiran dan Kerjasama antar pegawai. Komitmen kerja yang baik akan menumbuhkan kepuasan kerja yang bagi para pegawai.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis komitmen kerja tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung. (2) Untuk menganalisis kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung. (3) Untuk menganalisis hubungan komitmen kerja dengan kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah tenaga pendidik dan kependidik dari MAN Kab Bandung sebanyak 102 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) Hasil analisis deskriptif variabel komitmen kerja di MAN Kab Bandung memperoleh nilai rata-rata sebesar 4.67 dengan kategori sangat tinggi (2 Hasil Analisis deskriptif variabel kepuasan kerja di MAN Kab Bandung memperoleh nilai rata-rata sebesar 4.49 dengan kategori sangat tinggi, pada interval 4.20 – 5.00. (3) Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS Versi 16 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 kurang dari 0,05, berarti menerima Hipotesis Pertama (Ha), bahwa komitmen kerja memiliki hubungan dengan kepuasan kerja. Selanjutnya, keeratan hubungan antara komitmen kerja dengan kepusan kerja menghasilkan nilai product pearson sebesar 0. 593 atau 59,3%, dalam kategori sedang, pada interval 0,40 – 0,59. Kemudian, hasil yang bersifat positif (+) membuktikan bahwa nilai pearson correlations memiliki hubungan yang searah, apabila komitmen kerja semakin tinggi, maka meningkatkan kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan; Komitmen kerja; tenaga pendidik dan kependidikan;
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moch Andi Permana
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:30
Last Modified: 26 Jun 2023 02:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69737

Actions (login required)

View Item View Item